ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Aprilia Darmayanti, Slamet Slamet

Abstract


Siswa umumnya mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita, khususnya pada materi program linear. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya daya serap siswa saat memahami materi ketika pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu analisis untuk dapat mengetahui jenisjenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI SMA Kertanegara dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan Prosedur Newman. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase data sebagai berikut, kesalahan membaca 26,67%, kesalahan memahami masalah 86,67%, kesalahan transformasi 56,67%, kesalahan keterampilan proses 33,33% dan kesalahan penulisan jawaban akhir 66,67%. Dari data yang diperoleh jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa adalah kesalahan memahami masalah, sehingga mengakibatkan kesalahan siswa dalam menulis jawaban akhir. Analisis kesalahan ini dapat dijadikan referensi dasar pembelajaran oleh guru dalam menentukan letak kesalahan siswa.


Full Text:

PDF

References


Priyanto, A., Suharto, & Trapsilasiwi, D. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa1(1), 1-5.

Seifi, M., Haghverdi, M., & Azizmohamadi, F. 2012. Recognition of Students’ Difficulties in Solving Mathematical Word Problems From the Viewpoint of Teachers Contextual and Conceptual Rewording View Project. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(3), 2923–2928.

Susanti. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika2 (6), 7176.

Satoto, S., Sutarto, H., & Pujiastuti, E. 2013. Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.15294/ujme.v1i2.1757

Angateeah, K. S. 2017. An Investigation Of Student’s Difficulties In Solving Non- routine World Problem At Lower Secondary. International Journal of Learning Anf Teaching, 3(1), 46-50. https://doi.org/10.18178/ijlt.3.146-50

Yunarni, A., Awi, & Asdar. 2015. Profil Pemahaman Notasi Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Verbal Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Daya Matematis 3 (1), 1- 9.

Budiyono, B. 2008. Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogja : Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 1-8. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v11i1.35977

Young, R dan O’Shea, T. 1981. Errors in Children’s Subtraction. Cognitive Science, 5(2): 152-177

Wijaya, A. A., & Masriyah. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Sandhu, D. 2013. Does anyone have any information on the differences between misconceptions and errors in mathematics. Research Gate., (Online), (http://www.researchgate.net/post/Does_anyone_have_any_information_on_the_differe nces_between_misconceptions_and_errors_in_mathematics), diakses 9 Agustus 2021.

Mazlan, dkk. 2020. Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. Vol.V. No. 1.

Humaerah, S.R. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Geometri dengan Prosedur Newman Kelas VII MTs Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto. Skripsi Dipublikasikan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.

Fitriatien, S. R. 2019. Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). 53–64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving higher-order thinking skills problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532. https://dx.doi.org/10.33225/pec/18.76.520

Satoto, S. 2012. Analisis kesalahan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kendal dalam menyelesaikan soal materi jarak pada bangun ruang [Undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18693

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dengan Fong’s schematic model for error analysis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174–187.

Jamal, F. 2018. Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pertidaksamaan kuadrat berdasarkan prose-dur Newman. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 41–51.

Sangadah, M. 2016. Analisis Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Ekuivalen, 20(1), 12–18. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2865

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. 2018. Analisis kesalahan siswa SMP berdasarkan Newman dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1), 71–78.

Prakitipong, N. & Nakamura, S. 2006. Analysis of Mathematics Performence of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education 9 (1), 111-122.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Newman, A. 1983. Newman language of mathematics kit: Strategies for diagnosis and remediation. Pearson Education Australia.

Rindyana, Bunga Suci Bintara, Tjang Daniel Chandra. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang.

Singh, P., Rahman, A.A. & Hoon, T.S. 2010. The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. International Conference on Mathematics Education Research 264-271.

Vilenius-Tuohimaa, P. M., Aunola, K., & Nurmi, J. -E. 2008. The association between mathematical word problems and reading comprehension. Educational Psychology, 28(4), 409–426. https://doi.org/10.1080/01443410701708228

Hartini. 2007. Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita pada kompetensi dasar menemukan sifat dan menghitung besar-besaran segi empat siswa kelas VII semester II tahun pelajaran 2006/2007. Tesis. Surakarta: Pendidikan Matematika UNS.

Chusnul, Rr.C., Mardiyana, & Retno, D.S. 2017. Errors Analysis of Problem Solving Using The Newman Stage After Applying Cooperative Learning of TTW Type. International Conference and Workshop on Mathematical Analysis and its Applications, AIP Conf. Proc. 1913, 020028-1–020028-7.

Muncarno. 2008. Penerapan Model penyelesaian Soal Cerita dengan Langkah- Langkah Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SMP. Jurnal Nuansa Pendidikan. Vol.VI. No.1.

Mahmudah, I. D., & Sutarni, S. 2017. Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Bentuk Cerita Berbasis Newman di MAN Salatiga. Prosiding SEMPOA 3 (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika), Universitas Muhammadiyah Surakarta (pp. 1–8).

Suhita, Rintis. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 1. No. 2. Hal. 45.

Jha, K.S. 2012. Mathematics Performance Of primary School Students In Assam (India) : An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Application in Engineering Sciences 2 (1), 17-21.

Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. 2017. Error Analysis of Students Working About Word Problem of Linear Program With NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1), 012043.

Junaedi, I.,Suyitno, A., Sugiharti, E. & Eng, C.K. 2015.Disclosure Causes of Students Error in Resolving Discrete Mathematics Problems Based on NEA as A Means of Enhancing Creativity. International Journal of Education 7 (4), 31-42.

Suyitno, A. 2015. Learning Therapy for Students in Mathematics Communication Correctly Based On Application of Newman Procedure (A Case of Indonesia Student). International Journal of Education and Research 3 (1), 529-538.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.