ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FUNGSI INVERS BERDASARKAN TAHAPAN POLYA

Saiful Anwar, Khalisa Naura Imanda, Ulin Liulinuha, Sukoriyanto Sukoriyanto, Indriati Nurul Hidayah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan masalah  fungsi invers berdasarkan tahapan polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari tiga mahasiswa offering A 2021/2022 S1 pendidikan matematika Universitas Negeri Malang. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tingkat keaktifan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran luring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara. Tes Tulis yang diberikan berupa dua soal uraian mengenai fungsi invers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan keaktifan tinggi (M-1), sedang (M-2) dan rendah (M-3), dapat memahami masalah satu dan dua. Namun terdapat perbedaan pada tahapan merencanakan dan menyelesaikan masalah, dimana mahasiswa dengan tingkat keaktifan rendah (M-3) mampu merencanakan dan menyelesaikan masalah satu dan dua, sedangkan mahasiswa dengan tingkat keaktifan tinggi (M-1) dan sedang (M-2) hanya mampu merencanakan dan menyelesaikan masalah satu. .

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Soal Uraian, Fungsi Invers


Full Text:

PDF

References


Tok, S., & Keskin, A. (2012) The Effect of Fast Draw Learning Strategy on The Academic Achievement and Attitudes Towards Mathematics. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 1(20).

Gunawan, M. S., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2017). Learning Fractions Through Swimming Context for Elementary School Students. Advances In Social Science, Education and Humanities Research 100.

Rosmaiyadi. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Singkawang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70

Young, R dan O’Shea, T. (1981). Errors in Children Subtraction Cognitive Science, 5(2): 152-177.

Roselizawati, Sarwadi, Masitah Shahrill. (2014). Understanding Students Mathematical Errors and Misconceptions : The Case of Year 11 Repeating Students. Mathematics Education Trends and Research2014 (2014) 1-10

Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal statistika penelitian pendidikan ditinjau dari prosedur Newman. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83-96. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203

Polya, G. (1973). How To Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press.

Okur, M. (2013). Learning difficulties experienced by students and their misconceptions of the invers function concept. Academic Journals, 8(12), pp. 901-910

Carlson, M. & Oehrtman, M. (2005). Research sampler 9: Key aspects of knowing and learning the concept of function. Retrieved June 29, 2017, from The Mathematical Association of America Research Sampler, http://www.maa.org/programs/faculty-and-departments/ curriculum-department-guidelines-recommendations/teaching-and-learning/9-keyaspects-of-knowing-and-learning-the-concept-of-functi

Wilson, F.C., Adamson, S., Cox, T. & O’Bryan, A. (2011). Inverse Functions what our teachers didn’t tell us. Mathematics Teacher, 104, pp. 501-507.

Kolins, A. Y., dkk (2020) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers. Jurnal : Department of Mathematics Education, UMP, Purwokerto, Indonesia. (Online) Tersedia: http://jurnal nasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Widodo, S. A. 2013. Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 46(2), Hal 106 – 113

Firdaus, E.F. (2019). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Metode Probing Promting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Logika. Jurnal : Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.