PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DARING BERCIRIKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEET PADA MATERI PELUANG SMP KELAS VIII

Mustika Damayanti, Latifah Mustofa Lestyanto

Abstract


Pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia, secara langsung mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah. Dengan berubahnya proses pembelajaran menjadi daring maka diperlukan juga bahan ajar baru yang dapat membantu proses belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan lembar kegiatan siswa daring. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa daring bercirikan pendekatan saintifik menggunakan live worksheet pada materi peluang yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat langkah yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini diuji cobakan kepada 13 siswa kelas VIII SMP. Data penelitian diperoleh dari instrumen pengumpulan data yang terdiri dari lembar validasi, angket respon siswa, angket respon guru, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKS dinyatakan sangat valid oleh dosen ahli dengan persentase 93,75% dan valid oleh guru dengan persentase 80,81%. LKS juga dinyatakan praktis dengan tingkat kepraktisan yang diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan persentase 81,75% dengan kriteria sangat praktis dan angket respon guru menunjukkan persentase 90% dengan kriteria sangat praktis. LKS memenuhi kriteria efektif dengan 84,62% siswa mendapatkan nilai tes di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 64.

Kata kunci: lembar kerja siswa daring, pendekatan saintifik, live worksheet, peluang


Full Text:

PDF

References


D. Ratu, A. U. Khasanah, H. Pramudibyanto, and B. Widuroyekti. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. [Online]. Available: https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Z. A. I. Arifin and D. N. A. Sepriyani. 2019. Pengembangan Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial Untuk SMA Kelas XI. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 9–15.

S. Marwiyah, Alauddin, and Muh. K. Ummah. 2018. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

N. Fitriani, I. S. Hidayah, and P. Nurfauziah. 2021. Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5 (1), 37. doi: 10.33603/jnpm.v5i1.4526.

A. I. Setyorini, A. A. Saefudin, and H. Haryanto. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pola Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (4), 1260. doi: 10.24127/ajpm.v9i4.3054.

S. Thiagarajan, D. S. Semmel, and M. I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA.

N. Atika and Z. Amir. 2016. Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2 (2), 103–110.

A. Prabowo. 2021. Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), 1 (10), 383–388. doi: 10.52436/1.jpti.87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.