ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH FUNGSI KOMPLEKS

Rachmat Wasqita, Sukoriyanto Sukoriyanto, Mochammad Hafiizh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah fungsi kompleks. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. penelitian ini dilaksanakan di kelas E dengan mahasiswa berjumlah 20 mahasiswa yang nantinya subjek penelitiannya terdiri dari 4 mahasiswa yang mewakili 2 absen genap dan 2 absen ganjil. Instrumen penelian menggunakan tes yang terdiri dari 2 soal essay dan wawancara yang nantinya mendukung hasil tes mahasiswa. Analisis dilakukan dengan melihat hasil pekerjaan mahasiswa. Dari hasil analisis terhadap tes tersebut menunjukkan keterampilan pemecahan masalah dari 4 mahasiswa tersebut dengan tingkatan keterampilan masing-masing yang bepandangan pada keterampilan pemecahan masalah menurut Polya, dan hasil analisis keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa masih kurang dalam tingkat mahasiswa, sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan pemberian metode pembelajaran yang tepat serta membiasakan mahasiswa berhadapan dengan soal-soal yang open ended.

Full Text:

PDF

References


. Andayani, F., & Lathifah, A. N. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

. Dewi, H. P., Fitri, E., & Minarti, E. D., 2018. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (5), 949-956.

. Fitria, N.F.N., Hidayani, N., Hendriana, H. and Amelia, R., 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat: Problem Solving Skills. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), pp.49-57

. Greiff, S., Holt, D.V. and Funke, J., 2013. Perspectives on problem solving in educational assessment: Analytical, interactive, and collaborative problem solving. Journal of Problem Solving, 5(2).Holmes, Emma E.1995. New Directions in Elementary School Mathematics-Interactive Teaching and Learning. New Yersey: A Simon and Schuster Company.

. Kudsiyah, S. M., Novarina, E., & Lukman, H. suryani. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di Sma Negeri 2 Kota Sukabumi. Education: Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 110–117.

. Kurniawan, H .2015. Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Uns & Ispi Jawa Tengah 2015. ISBN: 978-979-3456-52-2

. Lismayani, I., & Mahanal, S. 2017. The correlation of critical thinking skill and science problem-solving ability of junior high school students. Jurnal Pendidikan Sains, 5(3), 96–101.

. Mayer, E. Robert. 2008. Learning and Instruction. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall

. Nugroho, A.R. 2018. HOTS: Kemampuan berpikir tingkat tinggi: konsep, pembelajaran, penilaian dan soal-soal. Jakarta: PT Gramedia

. Permanasari, A. and Damayanti, T., 2018, May. The profile of problem-solving ability of students of distance education in science learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012081). IOP Publishing.

. Polya, G. 1973. How to solve it. New Jersey : Princeton University Presss

. Sri Wardhani, Sapon Suryo Purnomo, dan Endah Wahyuningsih. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan: P4TK Matematika

. Suraji, Maimunah, & Saragih, S. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897


Refbacks

  • There are currently no refbacks.