ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM PENYELESAIAN REPRESENTASI MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)

Siti Rahma Rifadena, Erry Hidayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan dan faktor yang menyebabkan kesulitan dalam merepresentasikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso dalam satu kelas yang terdiri dari 17 siswa,  kemudian akan dipilih sebanyak 6 siswa.  Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas soal tes SPLDV, kuisoner, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada representasi visual, siswa kurang teliti membaca dan kurang memahami soal, serta kurang tepat merepresentasikan informasi yang berada pada soal ke dalam bentuk visualnya; 2) pada representasi simbolik, siswa kurang memahami maksud dari soal, sehingga tidak dapat merepresentasikan informasi pada soal ke dalam bentuk simbolik; 3) pada representasi verbal, siswa kurang teliti dalam menafsirkan pertanyaan pada soal. Semua bentuk kesulitan terjadi karena ada faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu, matematika pelajaran sulit dipahami, tidak memahami materi SPLDV, SPLDV merupakan materi paling sulit, dan merasa bingung saat belajar matematika.

Kata Kunci : Kesulitan, Representasi, Masalah Matematika


Full Text:

PDF

References


Kristanti, Veronika Dwi. 2017. Analisis Kesulitan dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kubus dan Balok pada Siswa Kelas VIII A SMP Institut Indonesia Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan (hlm. 23 – 24). Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, Muhammad Mancipto, dan Lambertus. 2014. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Pendidikan Pendidikan Matematika, 2(2), 91 – 110.

Herlambang. 2013. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang tentang Bangun Datar ditinjau dari Teori Van Hiele. Tesis tidak diterbitkan. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Iskandar, D., Hamdani, R, A., Suhartini, T. (2016). Implemetation Of Model Savi (Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectual) To Increase Critical Thinking Ability In Class Iv Of Social Science Learning On Social Issues In The Local Environment. Journal of Education. Teaching and Learning, 1(1), 45-50.

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., Widada, W. 2019. Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 202 – 210.

Harahap, Latifah Marhamah. 2018. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII 3 MTs Al – Jam’iyatul Washliyah Tembung. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Zulaikha, S.R., Assegaf, Hudiono, B., Ahmad, D. 2018. Translasi Representasi Matematika SMP dari Bentuk Verbal ke Simbolik dan Sebaliknya pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1 – 8.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sa’diyah, U., Nizaruddin, Muhtarom. 2020. Translasi Antar Representasi Matematis Visual ke Verbal dalam Memahami Konsep pada Materi SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika Tinggi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 266 – 275.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/masalah. Diakses 28 November 2020.

Khairunnisa, Firdaus, M., Oktaviana, D. 2020. Analisis Kemampuan Representasi Matematis berdasarkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII SMPIT Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 2(1), 71 – 80.

Prasetiyo, Dwi Agung. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata (Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusli, Rusmi Afriani. 2018. Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pengajaran Langsung dengan Pemberian Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Siagian, Muhammad Daut. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58 – 67.

Utami, Triane Roghbie. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Apriani, Catharina. 2016. Analisis Representasi Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.