PENGGUNAAN LIVEWORKSHEET PADA PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMPN 21 MALANG

Anita Dwi Kurniawati, Toto Nusantara

Abstract


Pandemi covid19 menyebabkan pembelajaran di sekolah terjadi perubahan yang sangat fundamental. Pola pembelajaran yang selama ini berlangsung secara tatap muka (luring) bertransformasi menjadi pola pembelajaran jarak jauh (daring). Artikel ini mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran liveworksheet materi persamaan linear satu variabel untuk siswa kelas VII di SMPN 21 Malang. Blended learning didesain untuk mengakomodasi masa transisi pemberlakuan Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) seiring meningkatnya level kesehatan di kota Malang ke arah yang lebih baik. Dengan adanya perubahan pembelajaran siswa dari masa daring kembali ke masa luring maka perlu adanya aktivitas yang menarik bagi siswa agar minat belajar dan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika meningkat. Hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa siswa merasa nyaman dengan media yang disediakan oleh guru, siswa tidak merasa sedang dievaluasi, siswa lebih berani untuk mencoba dan memperbaiki kesalahan sehingga hal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika.

Kata Kunci : Pembelajaran daring, Blended Learning, liveworksheet


Full Text:

PDF

References


Sri Harnani. 7 Juli 2020 pada https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Siti masitah, Jurnal Pendidikan Guru. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/view/184/202

Alenezi, A. 2020. The Role Of E-Learning Materials In Enhancing Teaching And Learning Behaviors. International Journal of Information and Education Technology,10(1), 48-56. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.1.1338

Suaramalang.id https://malang.suara.com/read/2021/09/01/073500/kota-malang-mulai-ptm-terbatas-6-september-2021?page=all

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastika, Y., & Masniladevi. 2021. Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. 2021. LKS Berbasis Saintifik Berbantuan LiveWorksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911–2923.https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring


Refbacks

  • There are currently no refbacks.