ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA BERBASIS HOTS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

Risaldi Risaldi, Moh. Mahfud Effendi, Siti Khoiruli Ummah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penalaran matematis siswa berbasis HOTS ditinjau dari tipe kepribadian yaitu tipe ekstrovert dan introvert. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan data berjenis kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah sembilan siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Malang yang dipilih dari jawaban siswa dengan kondisi ekstrim yaitu siswa dengan penalaran matematis rendah. Data diperoleh melalui soal tes tipe HOTS, angket kepribadian, dan wawancara untuk mengklarifikasi jawaban sebagai penentuan keputusan akhir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara penelitian kualitatif-deskriptif. Hasil yang diperoleh dari 16 siswa mengisi angket kepribadian dan soal tes HOTS yaitu terdapat 8 siswa dengan kepribadian ekstrovert dan 8 siswa dengan kepribadian introvert. Skor rata-rata siswa (kepribadian ekstrovert dan introvert) untuk soal nomor 1 yaitu 10,69 dan soal nomor 2 yaitu 5,75 dengan kategori penalaran matematis sedang. Hal tersebut bertentangan dengan penelitian sebelumnya mengenai siswa introvert lemah dalam penalaran matematis ketika mengerjakan soal. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 6 siswa masih lemah dalam indikator analisis situasi matematis pada soal HOTS nomor 1. Pada soal HOTS nomor 2 sebanyak 14 siswa masih lemah dalam indikator rancangan penyelesaian, sebanyak 14 siswa lemah dalam indikator pemecahan dan sebanyak 14 siswa lemah dalam penarikan kesimpulan yang logis.

Kata kunci: ekstrovert, HOTS, introvert, penalaran matematis


Full Text:

PDF

References


Layyina, U. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian pada Model 4K dengan Asesmen Proyek Bagi Siswa Kelas VII. Prisma, 1 (2), 704–713.

Konita, M,. Asikin, M,. Sri, T,. and Asih, N,. 2019. Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting , Organizing , Reflecting , Extending. Prisma, 2 (2), 611–615.

Fardika, R. G. 2018. Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas Viii SMPN 3 Tegalombo Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Tajudin, N. M. and Chinnappan, M. 2016. The Link Between Higher Order Thinking Skills, Representation And Concepts In Enhancing TIMSS Tasks. Int. J. Instr., 9 (2), 199–214.

Arini, Z. and Rosyidi, A. H. 2019. Profil Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 8 (1), 127–136.

Rahayu, Y. M. and Fauziah, N. M. 2017. Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kepribadian Introvert Dan Extrovert Pada Materi Kalor. E-Journal Unesa, 5 (2), 138–146.

Lasmi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) yang Berorientasi Teori Apos Pada Materi Fungsi Kuadrat Di Kelas X-Mia Man 2 Banda Aceh. J. Chem. Inf. Model., 53 (9), 1689–1699.

Fitranto, T. 2018. Analisis Penalaran Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus Di SMP Plus Darusalam. University of Muhammadiyah Malang.

N. S. D. Ariani, Junarti, and A. D. Utami. 2020. Analisis Pengambilan Keputusan Heuristik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Pada Siswa Kelas VII Mts An- Nur Galuk. 5 (1), 33–43.

Lestari, S. W. 2016. Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Siswa Kelas VII SMPN 2. J. FST UIN Walisongo, 23 (45), 296.

Dinni, H. N. 2018. HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1 (1), 170–176.

S. Julianingsih, U. Rosidin, and I. Wahyudi. 2017. Pengembangan Instrumen HOTS Untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan IPA Siswa di SMP. J. Pembelajaran Fis. Univ. Lampung, 5 (3), 119–135.

S. Zaenab. 2015. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 9 Malang. JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), 1 (1), 90.

A. Hidayati and S. Widodo. 2015. Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. J. Math Educ. Nusant., 1 (2), 1–13.

F. O. Maulida, Mardiyana, and I. Pramudya. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. J. Pendidik. Mat. dan Mat., 1 (4), 26–45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.