ANALISIS PERAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KERANGKA TEORI APOS

Dimas Galih Dwi Pangasta, Hendarto Cahyono, Anis Farida Jamil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran scaffolding dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kerangka teori APOS pada mata pelajaran matematika materi statistika. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dengan mengambil subjek 3 siswa kelas XII MIA di Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori APOS menghasilkan deskripsi kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dan observasi yang bertujuan untuk mengamati pemberian scaffolding yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi siswa dan soal yang berbentuk uraian (essay). Berdasarkan hasil observasi dari kedua pertemuan yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa beberapa siswa mengalami kesulitan ketika menyelesaikan masalah matematika dan siswa membutuhkan scaffolding dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Sehingga melalui penelitian yang dilakukan di kelas XII MIA di Malang dapat disimpulkan bahwa peran scaffolding dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kerangka teori APOS.

Kata kunci: penyelesaian masalah matematika, scaffolding, teori APOS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.