PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DAN METODE PERMAINAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFANSISWA KELAS 9 SMP NEGERI 13 MALANG

Priatinik Priatinik

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dan metode permainan kelompok untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas 9 pada pembelajaran matematika dengan mengunakan metode permainan di SMP Negeri 13 Malang. Penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari (1) prelimenary research (penelitian awal), (2) prototyping phase (fase pengembangan), (3) assessment phase (fase penilaian). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa. Peningkatan keaktifan siswa dapat ditunjukkan dengan indikator-indikator yaitu; a) Kemauan siswa untuk berdiskusi meningkat dari 5,55 % menjadi 55,5 %, mulai sikap diam dan cuek menjadi mau berpendapat dan berkomunikasi dengan teman sekelompoknya b) Kemauan siswa melakukan presentasi meningkat 11,11 % menjadi 72,2 %, mulai dari yang malu- malu menjadi mau untuk presentasi c) Kemauan siswa dalam bertanya dan menjawab meningkat dari 0 % menjadi 66,66%, mulai dari siswa yang ragu dan pasif menjadi aktif. Dengan demikian penggunaan metode permainan kelompok pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas 9 SMP Negeri 13 Malang.


Kata Kunci: keaktifan, metode permainan kelompok, LKPD, persamaan kuadrat


Full Text:

PDF

References


Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:UPI

Nasution. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Plomp, Tjeerd. 2010. Educational Design Research: An Introduction. Dalam Tjeerd Plomp & N. Nieveen (Eds). An Intro An Introduction To Educational Design Research.Enschede:

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Endang Widjajanti, dkk. 2006. Penilaian Lembar Kerja Siswa. Makalah. Yogyakarta: FMIPA UNY.

BSNP. 2012. Diskripsi Item Kegrafikan SMP-SMA-SMK. Jakarta: BSNP.

Slamet Suyanto, dkk. 2011. Lembar Kerja Siswa. Makalah. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Hendro Darmojo & Jenny Kaligis. 1992. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.