ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MAHASISWA YANG BERKATEGORI RENDAH DALAM PEMECAHAN MASALAH TRANSFORMASI FUNGSI KOMPLEKS

Darmawan Mas’ud Rahman, Sukoriyanto Sukoriyanto, Mochammad Hafiizh

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk medeskripsikan disposisi berpikir kritis mahasiswa yang berkategori rendah dalam pemecahan masalah transformasi fungsi kompleks. Penelitian ini dilaksanakan pada mata kuliah fungsi kompleks program studi S1 pendidikan matematika Universitas Negeri Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 mahasiswa yang memiliki disposisi berpikir kritis berkategori rendah. Penelitian dilaksanakan dengan instrument berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang bekategori rendah dalam memecahkan masalah transformasi fungsi kompleks berpotensi memiliki diposisi berpikir kritis. hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah mampu menyampaikan beberapa pendapat dan bertanya mengenai kesalahan pada soal yang diberikan. Hasil pekerjaan dari mahasiswa ini berpotensi memenuhi 3 indikator dari 7 indikator disposisi berpikir kritis, yaitu Truth- seeking, sistematicity dan inquisitiveness. Secara umum mahasiswa belum memiliki kecendrungan untuk berpikir kritis pada dirinya, hal ini dapat ditandai dengan: kurangnya kesiapan dalam menghadapi masalah juga sikap yang kurang kritis terhadap persoalan yang diberikan, untuk itu mahasiswa selalu menyepelekan suatu masalah dan pertanyaan ketika dihadapkan dan beranggapan bahwa soal yang diberikan itu selalu benar.

Kata Kunci: Disposisi Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, fungsi kompleks

Full Text:

PDF

References


As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. 2017. Our Prospective Mathematic Teachers Are Not Critical Thinkers Yet. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145-156. doi: 10.22342/jme.8.2.3961.145-156.

Alghadari, F. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. ISNN 1412-565 X.

As’ari, 2019. Ragam Soal Matematis untuk Mengembangkan Disposisi Berpikir Kritis. Edisi 1. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lai, E. R. 2011. Critical Thinking: "A Literature Review Research Report. www.sciepub.com/reference/230104.

Yunarti. 2011. Kemampuan Disposisi Berpikir Kritis Siswa yang Berkategori Rendah . Journal of Mathematics Education, 9(2), 311-326. www.researchgate.net/publication/328280789.

Mahmudi, A. 2011. Problem Solving untuk Menilai Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 20, (ISBN: 978-979-16353-6-3).

Herlina, E. 2013. Meningkatkan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pendekatan APOS. Infinity Journal, 2(2), 169-182. doi: 10.22460/infinity.v2i2.p169-182

Hunaepi, 2018. Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dan Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 6(2), 47-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.