ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY DI SMA NEGERI 02 BATU

Umi Dristian, Akhsanul In’am, Adi Slamet Kusumawardana

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan suatu konsep yang dipahami akan mengantarkan peserta didik pada proses pembelajaran yang bermakna. Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti lainnya menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menerapkan model pembelajaran inquiry discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dalam beberapa kategori melalui pembelajaran discovery pada materi limit fungsi aljabar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian  peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 02 Batu. Instrumen penelitian menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukan terdapat dua kategori pencapaian pemahaman konsep matematika peserta didik yaitu kategori tinggi dengan  persentase nilai rata-rata sebesar  sebanyak peserta didik, sedangkan untuk kategori sedang dengan persentase  sebanyak  peserta didik. Jika dilihat secara keseluruhan persentase nilai rata-rata persentase peserta didik sebesar  Dengan demikian kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XI Bahasa berada pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  inquiry discovery dikatakan berhasil dalam pembelajaran matematika khususnya materi limit fungsi aljabar.


Full Text:

PDF

References


Apriza B., dan Mahmudi A. (2015). Keefektifan Pendekatan PBL dan Discovery Setting TPS Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains A & A (Yogyakarta), 3(2), 101–110.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85

Rachmayani. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(November), 13–23.

Citra, M. A., Kristina, W., Padrul, J. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP /MTS pada Bahasa Segitiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(1), 1-10

Yuliyani, R., & Handayani, S. D. (2017). Peran Efikasi diri (self efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 130–143.

Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA),1, 810–813.

Layn, M. R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas VIII A MTS Muhammadiyah Kota Sorong. Formatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 43–50.

Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model Pembelajaran Core Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(3).

Drew, Clifford J., Michael L. Hardman, & John L. Hosp. (2017). Penelitian Pendidikan Merancang dan Melaksanakan Penelitian pada Bidang Pendidikan. Jakarta : PT. Indeks.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.