PROSES BERPIKIR ALJABAR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRANSFORMASI FUNGSI KOMPLEKS DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL SPASIAL
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar terhadap kemampuan visualisasi geometri mahasiswa pada materi transformasi fungsi kompleks. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada mata kuliah fungsi kompleks program studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa yang masing-masing memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah yang dipilih berdasarkan hasil pekerjaan mengenai soal transformasi bilinear fungsi kompleks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan tinggi mampu memenuhi keseluruhan indikator proses berpikir aljabar sehingga dapat membuat visualisasi hasil transformasi secara geometris yang menunjukan kecerdasan visual spasial yang baik. Subjek yang memiliki kemampuan sedang belum bisa memenuhi keseluruhan indikator proses berpikir aljabar, sehingga kecerdasan visual spasialnya masih perlu dioptimalkan. Subjek yang memiliki kemampuan rendah dalam proses berpikir aljabar belum dapat memenuhi keseluruhan indikator, masih perlu dioptimalkan proses berpikir aljabarnya agar bisa melakukan representasi geometris.
Kata kunci: proses berpikir aljabar, kecerdasan visual spasial
Full Text:
PDFReferences
Naziroh, I. A., Suharto, S., Yudianto, E., Hobri, H., & Murtikusuma, R. P. (2018). Proses Berpikir Aljabar Siswa Dalam Memecahkan Permasalahan Matematika Berdasarkan Kemampuan Aljabar Dan Gender. Kadikma, 9(2), 136-144.
Saputro, G. B., & Mampouw, H. L. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Smp Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Numeracy, 5(1), 77-90.
Toheri, T. (2012). Analisis Keterampilan Berpikir Aljabar Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2011–2012 Iain Syekh Nurjati Cirebon. EduMa, 2(2), 54757.
Kieran, C. (2004). Algebraic Thinking in The Early Grades: What Is It. The Mathematics Educator, 8(1), 139-151.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers.
Lew, H. (2004). Developing Algebraic Thinking in Early Grades: Case Study of Korean Elementary School Mathematics 1. The Mathematics Educator, 8(1), 88–106.
Kusumaningsih, W., Mustoha, A., & Rahman, F. (2018). Pengaruh Strategi Multiple Representasi Pada Pembelajaran Realistik Matematik Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa. JIPMat, 3(1), 75-81.
Tagle, J., Belecina, R. R., & Ocampo Jr, J. M. (2016). Developing algebraic thinking skills among grade three pupils through pictorial models. EDUCARE, 8(2).
Blanton, M., Stephen, A., Knuth, E., Gardiner, A., & Isler, I. (2014). Progressions of Learning in Children’s Algebraic Thinking. Manuscript In Preparation
Blanton, M., Stephen, A., Knuth, E., Gardiner, A., & Isler, I., & Kim, J.-S. (2015). The Development of Children’s Algebraic Thinking: The Impact of Comprehensive Early Algebra Intervention in Third Grade. Journal for Research in Mathematics Education, 46(1), 39-87
Cahyanintyas, Novita. Dian, Toto. (2018). Analisis Proses Berpikir Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 51-60.
Nur’aeni, Epon & Apriani, Ika Fitri. (2016). Analisis Proses Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Dasar, Guru Sekolah Dasar dan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Matematika,3(1).69-78
Amstrong, T. (2003). The Multiple Intelligence of Reading and Writing: Making the Words Come Alive (pp.13-14). Alexandria. Virginia USA
Qurniyawati, Q., & Tasu'ah, N. (2020). Geometry Mosaic to Improve Spatial-Visual Intelligence of Children Age 5-6 Years. BELIA: Early Childhood Education Papers, 9(2), 73-79.
Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Cabri 3D. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 179–194.
M. U. Fauzi, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kecerdasan Visual Spasial,” Universitas Muhammadiyah Jember, 2020.
Muljo, A. (2014). Korelasi Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Logis Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda. In IAIN Langsa.
S. Mananeke, J. Wenas, and O. Sambuaga, “Hubungan Kecerrdasan Visual-Spasial dengan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Geometri,” Jurnal Sains, Matematika & Edukasi, vol. 5, no. 1, 2017.
V. D. Librianti, “Kecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember,” Universitas Jember, 2015.
I. Wahyuni and N. I. Karimah, “Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks,” Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, 2017.
Karimah, N. I., & Setiyani, S. (2019). Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah Fungsi Peubah Kompleks. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(2), 199-208.
Nurcholifah, S., Purwoko, R. Y., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Open-Ended. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 44-52.
Faranita, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Impulsif – Reflektif Ditinjau dari Gender Reflective Cognitive Ability as Viewed From gender). 1, 49–60.
Apsari, R. A., & Putri, R. I. I. (2020). Geometry Representation to Develop Algebraic Thinking: A Recommendation for a Pattern Investigation in Pre-Algebra Class. Journal on Mathematics Education, 11(1), 45-58.
Novitasari, D., Triutami, T. W., Wulandari, N. P., Rahman, A., & Alimuddin, A. (2020). Students’ Creative Thinking in Solving Mathematical Problems Using Various Representations. In 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019) (pp. 99-102). Atlantis Press.
Triutami, T. W., Hariyanti, U., Novitasari, D., Tyaningsih, R. Y., & Junaidi, J. (2021). High Visual-Spatial Intelligence Students’ Creativity in Solving PISA Problems. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(1), 36-49.
Ochkov, V. F., & Bogomolova, E. P. (2015). Teaching mathematics with mathematical software. Journal of Humanistic Mathematics, 5(1), 265-285.
Zaldívar-Colado, A., Alvarado-Vázquez, R. I., & Rubio-Patrón, D. E. (2017). Evaluation Of Using Mathematics Educational Software for The Learning of First-Year Primary School Students. Education Sciences, 7(4), 79.
Refbacks
- There are currently no refbacks.