PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMAHAMKAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PRISMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Discovery Learning (GDL) untuk memahamkan konsep peserta didik pada materi prisma kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Plomp, terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian awal (preliminary research), pengembangan (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Uji coba dilakukan pada 18 siswa kelas VIII/L MTsN 1 Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil uji validasi diperoleh nilai rata-rata RPP dengan skor Va= 3,9; validasi LKPD dengan skor Va= 3,8; dan validasi soal tes dengan skor Va= 3,9. Produk dikatakan valid ditinjau dari segi materi, konsep, dan konstruk tidak ada kesalahan konsepsi. Berdasarkan hasil uji kepraktisan dari pengisian angket respon guru diperoleh skor Pa= 3,8 dan pengisian angket respon siswa dengan skor Pa= 3,14. Produk dikatakan praktis ditinjau dari segi penggunaan yang mudah digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji keefektifan, diperoleh bahwa 88,8% peserta didik yang menggunakan LKPD telah mencapai nilai minimal kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Oleh karena itu LKPD dikatakan efektif dalam memahamkan konsep peseta didik pada materi prisma.
Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Prisma.Full Text:
PDFReferences
Peraturan Pemerintah, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” Sekr. Negara, vol. 2, pp. 148–164, 2013.
I. V. S. Mullis, M. O. Martin, P. Foy, and A. Arora, TIMSS 2011 International Results in Mathematics, vol. 2012, no. 136. 2012.
C. E. Summaries, “What Students Know and Can Do,” PISA 2009 a Glance, vol. I, 2019, doi: 10.1787/g222d18af-en.
C. K. Parise et al., “Permendikbud 22 2016,” Rev. Bras. Geogr. Física, vol. 11, no. 9, pp. 141–156, 2016, [Online]. Available: http://biblioteca.ibge.gov.br/visualizacao/monografias/GEBIS - RJ/RBG/RBG 1995 v57_n1.pdf%0Ahttps://periodicos.ufpe.br/revistas/rbgfe/article/view/234295.
A. Ekantini and I. Wilujeng, “The development of science student worksheet based on education for environmental sustainable development to enhance scientific literacy,” Univers. J. Educ. Res., vol. 6, no. 6, pp. 1339–1347, 2018, doi: 10.13189/ujer.2018.060625.
P. A. Kirschner, J. Sweller, and R. E. Clark, “Why minimal guidance during instruction does not work: An analysis of the failure of constructivist, discovery, problem-based, experiential, and inquiry-based teaching,” Educ. Psychol., vol. 41, no. 2, pp. 75–86, 2006, doi: 10.1207/s15326985ep4102_1.
M. B. Structures, “Development of Digital Student Worksheet in History Subject for the Elevent Grade By Using ASSURE Model. Jurnal Historica, 4(2): 197-212.,” vol. 4, no. 2252, pp. 197–212.
J. S. Bruner, “Jerome S Bruner - Toward a Theory of Instruction-Belknap Press of Harvard University (1966).pdf.” p. 173, 1966.
I. G. A. P. Arya Wulandari, C. Sa’Dijah, A. R. As’Ari, and S. Rahardjo, “Modified Guided Discovery Model : A conceptual Framework for Designing Learning Model Using Guided Discovery to Promote Student’s Analytical Thinking Skills,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1028, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1028/1/012153.
K. Yuliani and S. Suragih, “The Development Of Learning Devices Based Guided Discovery Model To Improve Understanding Concept And Critical Thinking Mathematically Ability Of Students At Islamic Junior High School Of Medan,” J. Educ. Pract., vol. 6, no. 24, pp. 116–128, 2015, [Online]. Available: https://eric.ed.gov/?id=EJ1078880%0Ahttp://search.proquest.com/docview/1773215035?accountid=8330.
M. Ditinjau, D. Kecerdasan, E. Siswa, K. M. Pratiwi, I. G. P. Sudiarta, and G. Suweken, “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan LKS Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari,” vol. 5, no. 1, pp. 22–33, 2020.
S. McKenney and T. C. Reeves, “Educational design research,” Handb. Res. Educ. Commun. Technol. Fourth Ed., no. January 2013, pp. 131–140, 2014, doi: 10.1007/978-1-4614-3185-5_11.
K. P. dan K. R. Indonesia, “Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,” 2019.
P. K. Devi, R. Sofiraeni, and K. Khairuddin, “Pengembangan perangkat pembelajaran untuk guru SMP,” Pus. Pengemb. dan Pemberdaya. Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetah. Alam, p. 69, 2009, [Online]. Available: https://mgmpmatsatapmalang.files.wordpress.com/2012/07/pengembanganperangkatsmp.pdf.
A. Y. T. Allo and S. R. B. Sebayang, “Implementasi Model Guided Discovery Learning Menggunakan Alat Sederhana Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa,” Vidya Karya, vol. 33, no. 2, p. 112, 2019, doi: 10.20527/jvk.v33i2.5642.
E. Nurdin, A. Ma’aruf, Z. Amir, R. Risnawati, N. Noviarni, and M. P. Azmi, “Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 87–98, 2019, doi: 10.21831/jrpm.v6i1.18421.
S. Nasution et al., “Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar,” Pendidikam, vol. 3, no. 1, pp. 1–62, 2017, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Majid, A., Rochman, Chaerul. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Priansa, Donni J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar, Modul 1: Hakikat Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Prabandari, Endang. (2017). Modul Diklat Keahlian Ganda Pemanfaatan Hasil Penilaian Kompetensi Pedagogik. Jakarta: PPPPTK.
Refbacks
- There are currently no refbacks.