PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 5 MALANG PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Nur Indah Larasati, Slamet Slamet

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model guided discovery learning dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan model guided discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi barisan dan deret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu 36 siswa kelas XI-D4 SMAN 5 Malang tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang telah dianalisis menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model guided discovery learning. Tahapan model guided discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi barisan dan deret terdiri dari tahap orientasi masalah, eksplorasi, analisis data, kesimpulan dan latihan.


Full Text:

PDF

References


E. Pujiasih, “Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 5, no. 1, pp. 42–48, 2020, doi:10.51169/ideguru.v5i1.136.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kemendikbud.

Depdiknas, Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas, 2006.

A. A. Saefudin, “Karakteristik PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia),” Al-Bidayah, vol. 4, no. 1, 2012, doi:10.14421/al-bidayah.v4i1.10.

S. Wardhani, Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTS untuk optimalisasi pencapaian tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, 2008.

U. Arifah and A. A. Saefudin, “Menumbuhkambangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery,” UNION J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 3, pp. 263–272, 2017, doi:10.30738/.v5i3.1251.

D. Novitasari, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa," Fibonacci J. Pendidik.Mat. Mat., vol. Volume 2, no. 2, pp. 8–18, 2016.

V. Utari, A. Fauzan, and M. Rosha, “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas,” J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 33–38, 2012, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1159.

A. Amir, “Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika,” Logaritma, vol. III, no. 01, pp. 13–28, 2015.

R. Radiusman, “Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2020.

M. Hamzah and N. K. Mahmudah, “Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di MTs Salafiyah Kota Cirebon,” EdumaMath. Educ. Learn. Teach., vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2012, doi: 10.24235/eduma.v1i2.293.

F. N. F. Nastiti and A. H. Syaifudin, “Hubungan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Plosoklaten pada Materi Lingkaran,” J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 8–15, 2020, [Online]. Available: http://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/view/80.

D. Armanto, Mukhtar, and T. S. Pane, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Siswa Terhadap Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL di SMA Gajah Mada Medan,” Paradikma, vol. 10, no. 1, pp. 59–66, 2017.

I. Mufida, G. N. Hafifah, and L. Mayasari, “The Implementation of Discovery Learning To Teach Speaking at the First Grade Students at SMP Institut Indonesia,” Tell J., vol. 3, no. 2, pp. 108–114, 2015.

I. Maula, Pembelajaran Matematika Guided Discovery, vol. 01, no. 01. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2019.

Markaban, Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: P4TK, 2008.

S. A. Adriani, Kadir, M. Salam, and Ikman, “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Raha,” J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 66–76, 2019, doi: 10.36709/jppm.v6i2.9116.

P. Eggen and D. Kauchak, Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT.Indeks, 2012.

I. Agustina and A. Qohar, “Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas F4 SMAN 5 Malang Pada Materi Turunan,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 5, no. 2, pp. 283–291, 2020, doi:10.28926/briliant.v5i2.466.

M. . Manik and . M. ., “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata,” Inspiratif J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 92–101, 2017, doi:10.24114/jpmi.v3i2.8906.

T. Handayani, S. Arifin, and A. Surgandini, “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA,” Wacana Akad. Maj. Ilm. Kependidikan, vol. 3, no. 2, pp. 151–164, 2019, doi:10.24127/ajpm.v8i1.1684.

S. Anisah, “Penerapan Guided Discovery Learning Mode Daring Untuk Mengembangkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Matriks di Kelas XI SMA Nurul Jadid,” JTIEE, vol. 4, no. 2, pp. 2–7, 2020.

B. Hariyomurti, S. Prabawanto, and A. Jupri, “Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika," Juring (Journal Res. Math. Learn., vol. 3, no. 3, pp. 283–292, 2020.

A. Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

Parida, T. Nusantara, and Abadyo, “Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Program Linear,” J. Kaji. Pembelajaran Mat., vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2020.

F. Shadiq, Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.