Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII MTS Darul Hikmah Tamansari Jember

Misbahul Munir, Mohamamad Kholil, Arik Hariati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran koopertaif tipe Make a match serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran koopertaif tipe Make a match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random  sampling. Sampelnya yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test. Dari hasil penelitian nilai maksimun yang diperoleh setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah 95, sedangkan nilai minimumnya adalah 55, dengan rata-rata hasil belajar 72,82. Dengan demikian, ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa materi pokok lingkaran kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa  kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember adalah 51,6%.


Full Text:

PDF

References


Zainal Airifn, M. P. 2014. Konsep dan Model Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Aris Shoimin, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin. 2017. Analisis Miskonsepsi Asam Basa pada Pembelajaran konvensional dan Dual Situated Learning Model (DSLM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 385–391. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Yudha M. Saputra, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Kooperatif. Bintang Warli Antika.

Dr. Ali Hamzah. 2014. Model dan strategi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers.

Putri, E. N. D., & Taufina, T. 2020. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405

Lexy J.Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Ardiansyah, A. A., & Nana. 2020. Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal of Education Research and Review, 3(1), 47–56.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/24245/pdf

Mifathul Huda. 2011. Cooperatif Learning: Metode, Teknik, Struktur,dan Metode Terapan. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.