Profesi Manajer Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

Yari Dwikurnaningsih

Abstract


Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk membahas mengenai implementasi manajemen perubahan pendidikan dalam era industrial revolution 4.0. Jenis penelitian ini merupakan studi kualitatif (literature review) yang bertujuan untuk mengevaluasi teori dan data empirik yang telah ada dan merumuskan hal yang baru berdasarkan hasil evaluasi. Hasil yang didapatkan dari kajian ini adalah kepala sekolah sebagai manajer pendidikan bertanggung jawab terhadap terlaksananya pendidikan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Era revolusi industri 4.0 yang berimplikasi pada semua bidang kehidupan, menuntut sekolah melakukan berbagai perubahan agar dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja. Manajemen perubahan model Kurt Lewin merupakan model yang menjadi acuan munculnya model-model yang lain. Model Kurt Lewin dapat diterapkan dalam melakukan manajemen perubahan untuk menyesuaikan tuntutan pada era revolusi industri 4.0. Kegiatan dimulai dari unfreezing, change dan refreezing hingga perubahan-perubahan yang dilakukan dapat menetap, tidak kembali ke kebiasaan atau pola lama.

 

Kata Kunci: Profesi Manajer Pendidikan, Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Gorton, R.A & Alston, J.A. 2010. School leadership & administration: Important concepts, casestudies, & simulations. New York: McGraw-Hill Compa-nies, Inc

Fattah. 2009. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Handoko, H. 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mirfani, A.P. 2016. Manajemen Perubahan pada Satuan Pendidikan Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.1 April 2016.

Rosdina, Murniati, & Yusrizal. 2015. Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pada SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 3, No. 2, Mei 2015.

Sholeh. 2016. Keefektifan Peran Kepala Sekolah Dalam meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1 Tahun 2016 Hal. 41-54.

Terry, G.R. (1997). Prinsip-prinsip manaje-men. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, Abdul Azis. 1997. Implementasi Konsep Pendekatan Tujuan dan Cara Belajar Siswa Aktif Oleh Guru SMA Negeri Kabupaten Bandung, Suatu Studi Administrasi Inovasi Pendidikan. Bandung: Disertasi Doktor, FPS IKIP Bandung (tidak diterbitkan).

Warrilow, Stephen. 2010. Strategies to Managing Change, Lynton Glenthorne Ltd.

Wibowo. 2012. Manajemen Perubahan. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.