Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi sebagai Upaya Penguatan Kompetensi Lulusan bagi Mahasiswa MPI

Ali Nurhadi

Abstract


Abstrak: Prodi MPI memiliki kompetensi lulusan utama sebagai tenaga administrasi pendidikan, asisten konsultan pendidikan dan asisten peneliti bidang pendidikan. Tetapi faktanya jarang terjadi rekrutmen ASN dalam bidang tersebut. Oleh sebab itu perlu penguatan kompetensi tambahan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga dibutuhkan studi pelacakan lulusan untuk terus melakukan pengembangan kurikulum. Di samping itu penguatan kompetensi melalui lembaga sertifikasi profesi juga dapat dilakukan sesuai skema yang diharapkan agar alumni MPI memiliki kompetensi yang teruji dan bersertifikat profesi yang diakui dunia kerja dan industri baik pada tingakat lokal, regional, nasional bahkan internasional.

 

Kata Kunci: LSP, kompetensi lulusan, prodi MPI

Full Text:

PDF

References


Achruh, A., et al.(2020). Kepuasan Stakeholders terhadap Lulusan Prodi Ki/ MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alauddin Makassar." Idaarah, vol. 4, no. 2, 20 Dec. 2020, pp. 290-303, doi:10.24252/idaarah.v4i2.17492

Ary, M., & Sanjaya, R. (2020). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Program Studi Menggunakan Analisis Swot (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Ars University). Jurnal Tekno Insentif, 14(1), 1-8.

Data Referensi Pendidikan (2021) Jumlah sekolah dan madrasah di Kabupaten Pamekasan. (online)https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_sd.php?kode=052600&level=2.

Dirjend Pendidikan Islam (2018) Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Khodijah, N. (2016). Ketepatan Penyusunan Kurikulum Prodi Mpi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Fatah Dikaitkan Dengan Kkni, Sn-Dikti, Dan Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Tahun 2014. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/906

Nurhadi, Ali (2017) Profesi Keguruan :Menuju Pembentukan Guru Profesional. Cetakan Ke 2. Kuningan: Goresan Pena.

Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor : 1 / BNSP / III / 2014 Tentang Pedoman Penilaian Kesesuaian - Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi.

Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor : 5 / BNSP / VII / 2014 Tentang Pedoman Persyaratan Umum Tempat Uji Kompetensi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.