Urgensi Komitmen Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Pendidik dalam Supervisi Pendidikan

Muhammad Iqbal Maulana, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan mengenai pengembangan komitmen pendidik dan tenaga kependidikan dalam supervisi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan literature review atau studi literatur. Studi literatur adalah penelitian yang berdasar pada karya tertulis atau hasil penelitian yang sudah dipublikasikan. Analisis data secara kualitatif dengan tahap-tahap yaitu: 1) proses reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan hasil. Terdapat tiga hasil penelitian: (1) pengertian  supervisi pendidikan dan komitmen kependidikan itu sendiri;(2) alasan pentingnya supervisi dan komitmen pendidik dan tenaga kependidikan;(3) faktor keberhasilan dan implementasi  pengembangan komitmen pendidik dan tenaga pendidik dalam dunia pendidikan.

Kata Kunci: komitmen, profesionalisme, pendidik,tenaga kependidikan, supervisi

Full Text:

PDF

References


Embun,B. (2017). Penelitian Kepustakaan. https://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html

Espeland, P., & Verdick, E. (2005). The Commitment Learning Assets The Free Spirit Adding Assets Series for Kids. Free Spirit Pub. Pennsylvania State University.

Fathurrohman, & Suryana, A. (2011). Supervisi Pendidikan Dalam Pengembangan Proses Pengajaran. PT Refika Aditama.

Glickman, C. D., Gordon, S. P. (2007). Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Boston.

Hasanah, M & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Imanuddin, A. (2008). Program Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan Komitmen Belajar Bagi Siswa Sekolah Menengah. Skripsi PBB FIP Universitas Pendidikan Indonesia.

Imron, A. & Bafadal, I. (2004). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Kerjasama FIP UM dan Ditjen-Dikdasmen.

Kristiawan, M. & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. CV Alfabeta.

Maryono. (2011). Dasar – dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Ar.Ruzz Media.

Masaong, Abd. K. (2012). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru (Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru). CV Alfabeta.

Mustofa. (2012).Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.619

Naro, W. (2017). Komitmen Profesi dan Pengaruhnya terhadapKompetensi Profesional Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kota Makasar. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.3581

Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan untuk Pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan. SPEDAGOGI. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII (2), 9.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan dan masyarakat dalam manajemen sekolah. CV Alfabeta.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Akademik. PT Rineka Cipta.

Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesionailisme Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Diera Otonomi Daerah. CV Alfabeta.

UU Nomor 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.