Membentuk Karakter Peserta Didik melalui Budaya Organisasi dan Pengembangannya

Eka Dian Novitasari, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah hubungan besar dari budaya organisasi dan pengembangannya di dalam lembaga pendidikan maupun dampaknya di lingkungan masyarakat luas. Budaya organisasi sangat berdampak pada pengembangan organisasi dan prestasinya. Metode yang digunakan dalam penelitia ini menggunakan kajian pustaka untuk mengidentifikasi permasalahan yang mendasari perlunya budaya organisasi dan pengembangannya dalam suatu organisasi. Dengan melakukann kajian pustaka terhadap beberapa literarur yang relevan.  Terdapat tiga  hasil penelitian: (1) Pengertian budaya organisasi itu sendiri; (2) Alasan pentingnya budaya organisasi untuk mengembangkan, mewariskan dan melestarikan nilai-nilai budaya pada peserta didik; (3) Faktor keberhasilan dan implementasi  budaya organisasi dalam  membentuk generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia;

Kata Kunci : budaya organisasi, pendidikan karakter, peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. (2012). Manajemen: Teori, Kasus dan Solusi. Cet 2, Bandung; Alfabet.

Hidayat, Ara dan Imam, Machali. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Manajemen Sekolah, kemudian Madrasah, Yogyakarta: Kaukaba.

Hidayah, Siti Nur. (2016). Manajemen kinerja di perguruan tinggi: bekerja dengan budaya organisasi, Manajer: Jurnal Manajemen Pendidikan, Yogyakarta, Manajemen Pendidikan Islam, UIN Yogyakarta, Volume 3, No. 3,

Kurniadin, Didin dan Machali, Imam. (2012). Manajemen Pendidikan; Konsep dan prinsip manajemen pendidikan, Yogyakarta: Ar-Rumz.

Machali, Imam, lalu Hidayat. (2012). Ilustrasi, Buku Pegangan Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktik Manajemen Sekolah Menuju Manajemen Madrasah di Indonesia. Yogyakarta: Kaukaba.

Muhaemin dkk. (2012). Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Rencana Pembangunan di Sekolah atau Madrasah, Cet 4, Jakarta: Kencana.

Nata, Abuddin. (2012) Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan dalam Pendidikan Islam di Indonesia, cet-5, Jakarta: Kencana.

Robbins, S.P. (1996). Teori Pengembangan Organisasi, Terjemahan Hadyana, Jakarta: Kompetensi Bumi.

Usman, Husaini. (2006). Manajemen: Mengajar Teori, lalu Riset Pendidikan. Jakarta: Kompetensi Bumi.

Wijaya, C. (2017). Perilaku setiap organisasi

Winardi, J. (2006). Teori inti organisasi organisasi. Teori Organisasi Inti Organisasi, 16, 1-20.

Yusus, M.H.H. (2017). Pengembangan budaya organisasi di lembaga pendidikan. Jurnal Tarbawi. 14 penuh (1). 84-96


Refbacks

  • There are currently no refbacks.