Strategi Pemasaran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat

Mentari Afrisca, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran kepala sekolah dalam meningkatkan daya tarik masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara mengumpulkan informasi dari berbagai sumber literatur baik yang dipublikasikan maupun online dengan menggunakan metode literature review. Hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan daya tarik masyarakat, diantaranya adalah; menginformasikan secara nyata tanpa pencitraan dari sekolah yang dipimpin, mempromosikan keterampilan dan keunggulan sekolah yang dipimpin, mengundang orang tua ke sejumlah acara yang diselenggarakan oleh sekolah, dan meningkatkan manajemen sekolah yang dikelola.

Kata Kunci: strategi, marketing, daya tarik masyarakat


Full Text:

PDF

References


Anwar, K., & Jailani, S. (2018). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Al-Azhar Muara Bungo. Disertasi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Fatihudin, D. (2015). Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. In Zifatama Publisher.

Fira, F. L. A., Ulfatin, N., & Benty, D. D. N. (2020). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Menarik Minat Masyarakat Melalui Program Kelas Khusus. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 249-261.

Morissan. (2010). “Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu Edisi Pertama”. Jakarta : kencana Prenada Media Grup

Qibtiyah, M. A. (2018). Strategi kepala sekolah dalam membangun citra sekolah swasta menuju sekolah unggul berkompetitif di SMP Ar-Rohmah Putri Malang. Disertasi: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Bogor: PT Mardiyuana .

Tholkhah, I. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah; Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Madiun. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 14(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.