Karakteristik Perilaku Kepemimpin Kepala Sekolah dalam Efektivitas Sekolah

Wilatikta Winda Manila Supardi, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: Pendidikan merupakan wadah untuk menyiapkan manusia untuk menghadapi tantangan global. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan tujuan untuk mengkaji hal yang berkaitan dengan karakteristik perilaku dari kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan efektivitas sekolah. Penelitian ini mengacu dari pemanfaatan sumber-sumber seperti artikel ilmiah, buku dan dokumen yang sesuai untuk dikaji. Hasil studi ini menunjukkan bahwa terdapat dampak yang positif dan negatif dari karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan sekolah yang efektif.

Kata Kunci: perilaku kepemimpinan, efektivitas sekolah

Full Text:

PDF

References


Agustina, P. (2018). Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 206-219.

Djunaidi. (2017). Sumber Rujukan Sebagai Referensi yang Mendukung Karya Tulis Ilmiah Bagi Pustakawan. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca, 33(2), 1-11.

Edmonds, R. (1979). Effective School for the Urban Poor. Educational Leadership,15-24.

Engkoswara, A.K. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fadhil, M. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Menciptakan Sekolah Efektif. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 23-44

Komariah, A., Triatna, C. (2010) Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutmainah. (2017). Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah dan Sekolah Efektif. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(1), 163-172.

Nasional, K. P. (2010). Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014. Jakarta: Kemdiknas.

Ruyani, N. A. (2013). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Terhadap Efektivitas Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan,17(1), 107-114.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sagala, S. (2008). Administrasi Pendidikan Kontenporer. Bandung: Alfabeta.

Schreens, J. (2003). Peningkatan Mutu Sekolah. Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.

Sutrisno, E. (2013). Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tika, M.P. (2010). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.