Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Fususul Khair, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah mengenai strategi dalam peningkatan kinerja guru di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur baik cetak maupun online yang dapat dijadikan referensi. Dari hasil penelitian ini terlihat jelas bahwa kepala sekolah harus menunjukkan sikap yang meyakinkan dan patut dicontoh dalam menanamkan perannya. Sikap persuasif dan keteladanan inilah yang akan menjadi ciri kepemimpinan, termasuk pendampingan yang diberikan oleh kepala sekolah kepada guru sekolah. Semakin baik pemimpin memenuhi peran dan fungsinya, semakin tinggi motivasi karyawan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pekerjaannya. Selain itu, salah satu tanggung jawab utama seorang pemimpin adalah memotivasi bawahan organisasi untuk mempunyai kepuasan kerja dan kinerja yang tinggi. Pemimpin yang dapat memberikan motivasi yang tepat bagi para anggota kerjanya akan menghasilkan produktivitas yang maksimal, produktivitas yang tinggi, dan tanggung jawab organisasi yang lebih baik.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah dan Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


T. N. L. Gaol and P. Siburian, “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” Kelola J. Manaj. Pendidik., vol. 5, 2018, doi: https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73.

M. Sholeh, “Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” J. Din. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.26740/jdmp.v1n1.p41-54.

Ismuha, Khairudin, and A. Djailani, “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar,” J. Adm. Pendidik. Pascasarj. Univ. Syiah Kuala, vol. 4, no. 1, pp. 46–55, 2016.

A. Susanto, Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenademedia Group, 2016.

N. Puspitasari, “Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (study kasus smk batik 1 surakarta),” J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 1, 2015, doi: https://doi.org/10.46808/informa.v1i1.96.

D. Fatihudin, Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi Dari Teori ke Praktek. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2020.

Suyanto, “Peran dan Strategi Pimpinan Lembaga Pendidikan Islam dalam Mengatasi Problem Kepemimpinan,” Qual. J. Empir. Res. Islam. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 222–234, 2014.

Djunaidi, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” J. Tarbiyatuna, vol. 2, no. 1, pp. 75–84, 2017, doi: 10.51276/edu.v2i1.81.

V. Rivai and D. Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.

S. Sonedi, T. Sholihah, and D. Dihasbi, “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” Anterior J., vol. 18, no. 1, 2018, doi: 10.33084/anterior.v18i1.436.

H. Syamsul, “Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp),” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 275–289, 2017, doi: 10.24252/idaarah.v1i2.4271.

U. Iskandar, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru,” J. Visi Ilmu Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 1018–1027, 2013, doi: 10.26418/jvip.v10i1.2061.

E. Mulyasa, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

W. Ramadoni, Kusmintardjo, and I. Arifin, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo),” J. Pendidik., vol. 1, no. 8, pp. 1500–1504, 2016.

S. E. Darmayanti and U. B. Wibowo, “Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo,” J. Prima Edukasia, vol. 2, no. 2, p. 223, 2014, doi: 10.21831/jpe.v2i2.2721.

L. K. Uswah, “Pengaruh Kepemimpinan Dalam Optimalisasi Kinerja Peprustakaan,” Dalam Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.