Komunitas Belajar Profesi Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

Ary Yuwanita, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan tentang pentingnya peningkatan kompetensi kepala sekolah melalui komunitas belajar profesi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan metode deskripsi untuk mengidentifikasi dan menjelaskan pentingnya profesi kepala sekolah dalam mewujudkan tujuan nasional di bidang pendidikan yaitu menghasilkan lulusan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan jaman. Dengan melakukann kajian pustaka terhadap beberapa literatur yang relevan, penulis mendeskripsikan kajian hasil penelitian: (1) Profesionalisme kepala sekolah; (2) tugas pokok fungsi kepala sekolah; (3) kompetensi kepala sekolah; (4) pengembangan profesi kepala sekolah; dan (5) komunitas belajar. Kepala sekolah sebagai agen perubahan perlu meningkatkan kompetensinya, komunitas belajar dapat digunakan sebagai strategi yang ampuh dan kontekstual dalam meningkatkan kompetensi profesional kepala sekolah.   

Kata Kunci: profesi kepala sekolah, komunitas belajar

Full Text:

PDF

References


B. Hermanto, “Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” FOUNDASIA, vol. 11, no. 2, Oct. 2020, doi: 10.21831/foundasia.

E. Yuni, W. ; Dwi, A. Sudjimat, and A. Nyoto, “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya di Era Global,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat., vol. 1, 2016.

Z. Tabrani, “Sistem Pendidikan di Indonesia-Antara Solusi dan Ilusi,” ResearchGate, Feb. 2017, Accessed: Mar. 22, 2021. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/318587807_SISTEM_PENDIDIKAN_DI_INDONESIA-ANTARA_SOLUSI_DAN_ILUSI.

M. Fadhli, “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan,” Tadbir J. Stud. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, p. 215, Dec. 2017, doi: 10.29240/jsmp.v1i2.295.

W. B. Sulfemi and A. Arsyad, “Pengelolaan Manajemen Sekolah yang Efektif dan Unggul,” Ina. Pap., Dec. 2019, doi: 10.31227/osf.io/rvgk6.

N. Nurmadiah, “Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah (Kajian Konsep dan Teoritis),” Al-Afkar J. Keislam. Perad., vol. 5, no. 1, Dec. 2017, doi: 10.28944/afkar.v5i1.134.

Melfianora, “Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur,” Pekan Baru, May 2019. Accessed: Apr. 02, 2021. [Online]. Available: https://osf.io/efmc2/.

A. Kurniawan, Metodologi Penelitian Pendidikan‬, 1st ed., vol. 1. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.

I. Nurdin and S. Hartati, Metodologi Penelitian Sosial, 1st ed., vol. 1. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia, 2019.

H. E. Bakti and H. Ar, “Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Penididikan,” http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/29-H.-Erwin-Bakti-Holidjah-AR.pdf, vol. 3, 2016.

A. Mulyana, “PERMENDIKBUD NOMOR 6 TAHUN 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah,” Pendidikan Kewarganegaraan, ainamulyana.blogspot.com, Feb. 02, 2019. https://ainamulyana.blogspot.com/2018/05/permendikbud-nomor-6-tahun-2018-tentang.html (accessed Apr. 03, 2021).

R. Ariyani, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru,” Al-Afkar J. Keislam. Perad., vol. 5, no. 1, Dec. 2017, doi: 10.28944/afkar.v5i1.135.

R. Hidayat, V. Dyah M, and H. Ulya, “Kompetensi Kepala SEkolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoritis,” J. Kepemimipinan dan Pengur. Sekol., vol. 4, no. 1, pp. 61–68, Mar. 2019.

S. Sakban, I. Nurmal, and R. Bin Ridwan, “Manajemen Sumber Daya Manusia,” J. Adm. Educ. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 93–104, Jun. 2019, doi: 10.31539/alignment.v2i1.721.

A. T. Susanto and M. Muhyadi, “PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI,” J. Akuntabilitas Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 151, Sep. 2016, doi: 10.21831/amp.v4i2.8029.

M. Sholeh, “Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” J. Din. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 41, Feb. 2017, doi: 10.26740/jdmp.v1n1.p41-54.

P. Karuru and D. K. Tangkeallo, Profesi Kependidikan, 1st ed. Toraja: UKI Toraja Press, 2019.

C. Triatna, “Membangun Komunitas Belajar Profesional untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah,” J. Adm. Pendidik., vol. XXII, no. 1, 2015.

R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, pp. 395–402, Apr. 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

R. Pangaribuan, “Dampak Positif Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” STIT Al-Kifayah Riau, Mar. 08, 2021. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/dampak-positif-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/ (accessed Apr. 04, 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.