Peran Supervisi Pengembangan: Collaborative dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru Kelas

Ressa Nada Perdana, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model supervisi pengembangan collaborative. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian literature review dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain terdapat tiga macam model supervisi pengembangan yaitu; model supervisi pengembangan directive, model supervisi pengembangan collaborative, dan model supervisi pengembangan non directive. Ditemukan pula bahwasannya model supervisi pengembangan Collaborative dapat dilakukan dengan lima perilaku supervisor seperti: (a) menyajikan, (b) klarifikasi, (c) mendengarkan, (d) pemecahan masalah, (e) negosiasi.

Kata Kunci: supervisi, model supervisi pengembangan, model collaborativ

Full Text:

PDF

References


Ahmed, Y. A., Ahmad, M. N., Ahmad, N., and Zakaria, N. H. (2019). Online media for information sharing: An orderly writing survey. In Telematics and Informatics. https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.01.015

Ariasa Giri, I. M. (2016). Supervisi Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.60

Artz, B. (2018). Relative administrator training and specialist prosperity. Worldwide Diary of Labor. https://doi.org/10.1108/IJM-01-2017-0022

Darsono, D. (2016). Implementasi Pendekatan Direktif, Non Direktif dan Kolaboratif dalam Supervisi Pendidikan Islam (Studi Kasus di MAN Trenggalek). Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.2.335-358

Juliani, R. D. (2011). Model, Pendekatan, dan Teknik Supervisi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Ekp.

McPherson, R.B., dkk. (1986). Overseeing Vulnerability: Regulatory Hypothesis and Practice in Training. Columbus, Ohio: Chales E. Merrill Bar. Co

Milian, E. Z., Spinola, M. de M., and Carvalho, M. M. d. (2019). Fintechs: A writing survey and exploration plan. Electronic Business Exploration and Applications. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2019.100833

Noor, L. N. F., and Wathoni, K. (2020). Peran Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Master PAI Di SMP Swasta Wilayah Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21154/maalim.v1i01.2185

Priansa and Setiana. (2017). Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Master Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi akademik. Jakarta: Bineka Cipta.

Sari, D. N. A., Bafadal, I., and Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan. ] https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p213

Shulhan, M. (2012). Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktek dalam Mengembangkan SDM Master. Surabaya: Acima Distributing

Snyder, H. (2019). Writing survey as an exploration philosophy: An outline and rules. Diary of Business Exploration. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039


Refbacks

  • There are currently no refbacks.