Optimalisasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Laurentia Angela Rosvita, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak. Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah berdampak pada kinerja guru dalam mengajar. Namun terapat banyak permasalahan dalam pelaksanaan supervisi akademik ini, maka dari itu peneliti ingin melakukan kajian literature yang bertujuan untuk mengoptimalkan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu kepala sekolah sebagai supervisor membentuk tim supervisi agar perencanaan dan pelaksanaan supervisi dapat dijalankan dengan baik.

Kata Kunci: optimaslisasi supervisi akademik, kinerja guru, supervisi kepala sekolah

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2010). Supervisi Akademik. Jakarta: Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Hardono, dkk. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management. Vol 6 (1) 26-33

Juniardi. (2020). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. 8 (8)

Mangkunegara, A.B. (2009). Manajemen Sumber Daya manusia Perusahaan. Bandung: PT Refika Aditama. Prawirosentono, Suyadi, 2008, Kebijakan Kinerja Karyawan, Edisi Ketiga, Yogyakarta: BPFE.

Mukhtar. (2013). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Group

N.A Ametembun. (2007). Supervisi Pendidikan: Penuntun bagi Penilik Pengawas Kepala Sekolah dan Guru-guru. Bandung: Suri

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Priansa & Setiana. (2018). Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Purbasari, Margi. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education. 4 (1)

Setiawati, dkk. (2018). Persepsi Guru Tentang Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Research and Development Journal of Education. 4(2)

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wahyudi, dkk. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal. 1 (2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.