Keefektifan Supervisi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Selama Pandemi

Muhammad Kurniawan Hidayatullah, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan supervisi pembelajaran, mendeskripsikan kompetensi guru, mendeskripsikan efektifitas supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi guru selama pandemi:, metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Peneliti mencari referensi yang sesuai dengan variabel penelitian yaitu supervisi pembelajaran, kompetensi guru serta efektifitas supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi guru selama pandemi; hasil penelitian meliputi penjebaran tentang supervisi pembelajaran, penjabaran tentang kompetensi guru serta mendeskripsikan keefektifan supervisi pembelajaran dalam meningaktkan kompetensi guru selama pandemic; dan kesimpulan utama adalah menunjukkan bahwa supervisi pembelajaran masih dirasa perlu dan efektif untuk dilakukan dalam meningkatkan kompetensi guru selama pandemi.

Kata Kunci: supervisi pembelajaran, kompetensi guru, efektivitas supervisi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


UU Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Elfahmi, R. 2020. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Seunagan. Bionatural, volume 7 (2), 45-52

Mukhtar. 2020. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan 14 Pages Issn 2302-0180 Universitas Syiah Kuala.

Mir’at. 2016. Mengefektifkan Supervisi Akademik Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas SD Negeri 13 Mataram dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Tahun 2015 Selaparang Tahun 2014. JIME, volume 2 (1).

Karyati, Y. 2018. Keefektifan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMK. Media Manajemen Pendidikan, volume 1 (2).

Berliani, T., Wahyuni, R., Lenny, R., & Sisillia. 2021. Implementasi Supervisi Akademik Dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Guru Masa Pandemi Covid 19. EEJ, volume 3 (1)

Saifulloh, A. & Darwis, M. 2020. Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, volume 3 (2).

Nurpuspitasari, D, Sumardi, Hidayat, R., & Harijanto, S. 2019. Efektivitas Pembelajaran Ditinjau Dari Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, volume 7 (1)

Pohan, M. 2020. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Masa Pandemi Covid 19. IDARAH, volume 4 (2).

Didiyarso, T., & Sutama. 2021. Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajraan E-Learning bagi Guru selama Pandmei Covid-19. DIDAKTIS, volume 21 (1).

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.