Implementasi Supervisi Klinis di Masa Pandemi dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran Guru SD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan supervisi klinis di masa pandemi dalam pemecahan masalah pembelajaran guru SD di SD Triesa Unggul Wamena Kabupaten Jayawijaya Propinsi Papua. Mix method digunakan dalam penelitian ini dengan mengkombinasikan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan subyek penelitian kepala sekolah bersama 10 guru. Wawancara yang mendalam, observasi, kuesioner dan dokumentasi digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik dari pengumpulan data. Teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu penghitungan berdasarkan prosentasenya digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang terkumpul. Sedangkan data kualitatif diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi sebagai bagian dari pengujian kredibilitas data yaitu berbagai cara pada sumber yang sama dan pada bermacam-macam cara dengan satu teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa 1) implementasi supervisi klinis sudah berjalan cukup baik sekalipun dilakukan di tengah pandemic; 2) pendekatan supervisi klinis secara langsung lebih disukai guru; 3) tahapan supervise: pertemuan awal, observasi dan pertemuan akhir (balikan) berjalan dengan baik; 4) adanya faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan supervisi klinis.
Kata kunci: Implementasi, supervisi klinis, pembelajaran, pandemi, SDFull Text:
PDFReferences
Aguswandi, T., AR, M., & Idris, J. (2015). Pelaksanaan supervisi klinis di sma negeri 1 Kuala kecamatan kuala kabupaten Nagan raya. Intelektualita.
Alfianto, C., Karnati, N., & Armeliz, D. (2017). Hubungan antara motivasi dengan komitmen organisasi di Sekolah Menengah Atas Negeri Wilayah I Kota Administrasi Jakarta Timur. Jurnal Improvement, 3(1), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/improvement.03104.
Danim, S. & K. (2012). Profesi kependidikan. (1st ed.). Rineka Cipta.
Depdiknas tahun 2005 tentang peningkatan kualitas pembelajaran., (2005).
Freire, P. (2000). Politik pendidikan: Kebudayaan, kekuasaan dan pembebasan (1st ed.). Pustaka Pelajar.
Hasan, H. (2015). Kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar matematika di SD Negeri Gani kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala, 1(4), 40–51.
Jayadi. (2002). Model-model dan teknik komunikasi supervisi klinis. Pustaka Setia.
Kemdikbud. (2020). Surat edaran mendikbud no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID- 1 9) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusdiklat Kemdikbud.
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. In PT. Remaja Rosda Karya (revisi). https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
Makawimbang, J. (2013). Supervisi klinis teori dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. (1st ed.). Alfabeta.
Manulang, M. (2005). Dasar-dasar manajemen (1st ed.). Gajah Mada Univ. Press.
Margariena, I. N., Supriyanto, A., & Burhanuddin. (2016). Implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2332–2336.
Mendikbud. Nomor 36962/MPK/A/HK/2020 Pembelajaran daring, (2020).
Mendikbud No 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran covid-19, (2020).
Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan covid-19 pada satuan pendidikan, (2020). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage.
Peraturan pemerintah RI. No 19 Tahun 2005 tentang standar proses pembelajaran, (2005).
Pidarta, M. (2009). Supervisi pendidikan kontekstual. (1st ed.). Rineka Cipta.
Pidarta, Made. (2009). Supervisi pendidikan kontekstual. Rineka Cipta.
Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah pendidikan anak usia dini Islam terpadu kota Bengkulu (studi deskriptif kualitatif di paud it auladuna kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia.
Priansa, D.J., & Setiana, S. S. (2018). Manajemen dan supervisi pendidikan (1st ed.). CV Pustaka Setia.
Priansa, D.J., & Somad, R. (2014). Manajemen supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah (1st ed.). Alfabeta.
Priyayi, D. F., Keliat, N. R., & Hastuti, S. P. (2018). Masalah dalam pembelajaran menurut perspektif guru biologi sekolah menengah atas ( sma ) di salatiga dan kabupaten semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 85–92.
Purwanto, M. N. (2009). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. In PT Remaja Rosdakarya.
Rohman, A. (2009). Masalah pembelajaran dan upaya pencarian solusi melalui klinik. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1), 1–14.
Salma, P, Yusrizal, & Usman, N. (2018). Profesional guru di man Beureunuen. jurnal magister administrasi pendidikan pascasarjana universitas syiah kuala, 6(1), 18–23.
Sari, Supriyanto, A. & B. (2016). Implementasi supervise klinis di sekolah dasar dalam meningkatkan kompetensi professional guru. Jurnal Pendidikan, 1(11), 2254–2260.
Sergiovanni, TJ., & Sttarrat, R. (n.d.). Emerging patterns of supervision: Human perspective. (1st ed.). Mc Graw Hill Book Company.
Setiyadi, B. (2020). Supervisi dalam pendidikan (1st ed.). VC, Sarnu Untung.
Soetjipto & Kosasi, R. (2004). Profesi keguruan (1st ed.). PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian manajemen (Setiyawami (ed.); 4th ed.). CV. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Rineka Cipta.
Uci Pranita, N. K. & A. S. (2018). Supervisi klinis kepala sekolah pendidikan anak usia dini islam terpadu auladuna kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54–65.
Refbacks
- There are currently no refbacks.