Urgensi Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0

Kristianus Riberu, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak. Tujuan pengkajian ini adalah menguraikan tentang urgensi pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0. Kajian ini menggunakan metode studi literatur dengan analisis konteks atau content analytic. Hasil analisis telah menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter sangat penting dan mendesak pada era Revolusi Industri 4.0. Penguatan terhadap pendidikan karakter merupakan rutinitas pedagogi yang menyatukan hati, perasaan, pikiran, dan niat, yang dilakukan melalui kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam proses pembentukan karakter siswa. Pendidikan yang memperkuat karakter juga harus mendukung pendekatan universalisme pembangunan peradaban hidup manusia.

Kata Kunci: pendidikan karakter, era revolusi industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Ali Ibrahim Akbar, 2000, Tentang Pendidikan Karakter. Rajawali, Jakarta.

Effendi, dkk. (2020). Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter di Kawasan Timur Indonesia. Jurnal Italia Sosiologi Pendidikan, 12, 6-7. https:// Doi: 10.14658/pupj-ijse-2-3.

Fadli, R. dkk. (2019). Peluang dan Tantangan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. 102–108.

Freire, P. (1978) Pedagogi untuk Pembebasan: Dialog tentang trasformasi pendidikan. Serikat Negara Bagian Amerika. Bergins & Garvey Publishers, inc.

Ghufron, M. A. (2018). Revolusi industri 4.0: tantangan, peluang dan solusi bagi dunia pendidikan. 332–337.

Groome, T. (1991) Berbagi Iman: Sebuah pendekatan komprehensip untuk pendidikan agama dan pelayanan pastoral. San Francisco: Harper & Collins.

https://kupang.kompas.com, diaksespada 25 April 2020.

Kemitraan Pendidikan Karakter. (2002). Sebelas prinsip pendidikan karakter yang efektif. Diperoleh 18 Oktober 2020, dari http://www.character.org/principles/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Memperkuat karakter pendidikan. Jakarta: Tim Sekretariat Penguatan Pendidikan Karakter.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jctes, 1(1), 28–43.

Licna, T. (2012). Pendidikan Karakter: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Otto Gusti Madung. (2009). Politik Antara Legalitas dan Moralitas. Maumere: Ledalero.

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. 5, 22–27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417

Prajana, dkk. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033

Rosyada Dede. (2004). ParadigmaPendidikanDemokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Risdiant,E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Center for American Progress,1.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 tahun 2003). (2009) Jakarta: Sinar Grafika.

Zubaedi. (2013). DesainPendidikan Karakter. Jakarta: BumiAksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.