Penguatan Kesalehan Individu dan Sosial Siswa melalui Ekstrakurikuler Keagamaan di Smk Al-Falah Winong Pati

Subaidi Subaidi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan tentang penguatan kesalehan individu dan sosial siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan di  sekolah menenengah kejuruan (SMK) Al-Falah Winong Pati. Penelitian ini jenisnya ialah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya melalui langkah-langkah reduksi data, display data dan peanrikan kesimpulan. Hasil dari kajian menyimpulkan bahwa ekstrakurikuler keagamaan yang mengarah pembentukan pribadi saleh secara individual antara lain: berdo’a awal dan akhir pelajaran, baca tahlil, baca tasyafu’an, baca asmaul husna, shalat dhuha, shalat berjama’ah dhuhur dilanjutkan dengan zikir, membaca surat Yasin, khataman al-Qur’an bil ghoib, dan istighasah-mujahadah. Sedangkan ekstrakulrikuler keagamaan yang memperkuat kesalehan sosial antara lain; pembagian sembako kepada masyarakat di wilayah Winong, pembagian daging kurban pada hari raya kurban, resik-resik Desa Winong, Indonesia. Hal tersebut merupakan bagian dari ritual-ritual berbasis keagamaan yang dapat menjadikan ber-taqarrub ilallah lewat kegiatan agama secara sosial dalam memperkuat kesalehan secara individu dan sosial.

 

Kata Kunci: ekstrakurikuler, keagamaan, kesalehan individu, kesalehan sosial


Full Text:

PDF

References


Achlami, MA. (2015). Tasawuf Sosial Dan Solusi Krisis Moral. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat. 8(1), 90-102.

Affandy, S. (2020). Memadukan Kesalehan Individual Dan Kesalehan Sosial. Dalam Https://News.Detik.Com/Berita/D-5055751/Memadukan-Kesalehan-Individual-Dan-Kesalehan-Sosial//Diakses Tanggal 4 Agustus 2020 Pukul 09.15 WIB.

Ahmad Buchori Muslim. (2019). Konsep Kepemimpinan Prespektif Tasawuf Positif Modern. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Is Licensed Under, 3(1), 1. Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.32478/Evaluasi.V3i1.225

Dinarni, Dian. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Tasawuf (Studi Analisis Kitab Al-Rislat Al-Qusyairiyah Fi 'Ilmi Al-Tasawuf). Tesis: Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

Gitosaroso, M. (2016). Tasawuf Dan Modernitas (Mengikis Kesalahpahaman Masyarakat Awam Terhadap Tasawuf). Al-Hikmah: Jurnal Dakwah. 10(1), 106-121.

Habibah, A. N. (2013). PEMIKIRAN TASAWUF AKHLÂQÎ K.H. ASYHARI MARZUQI DAN IMPLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN MODERN. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 3(2).

Hatta, M. (2019). Implementasi Isi Atau Materi Pendidikan (Iman, Islam, Ihsan, Amal Saleh, Dan Islah) Di Sd Muhammadiyah 7 Pekanbaru. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 2(1), 12. Https://Doi.Org/10.24014/Ijiem.V2i1.7121

Hayati, Siti Nur. 2017. Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhalakul Karimah Siswa ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1).

In’amuzzahidin, M. (2012). Pemikiran Sufistik Muhammad Shalih Al-Samarani. Walisongo, 20(2), 321–346.

Indah, & Ahmad Syamsu Rizal, A. T. S. A. (2015). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SEKOLAH DALAM MENUNJANG TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN PAI ( Studi Deskriptif Analisis Di SMP Negeri 44 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. TARBAWY, 2(1), 82–91.

Khulaisie, R. N. (2016). Hakikat Kepribadian Muslim , Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep Insan Kamil. Jurnal Reflektika, 11(11), 39–57.

Kurniawan, A. (2013a). PENANAMAN NILAI-NILAI TASAWUF DALAM RANGKA PEMBINAAN AKHLAK DI SEKOLAH MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN. Al-Tahrir, 13(1).

Kurniawan, A. (2013b). Penanaman Nilainnilai Tasawuf Dalam Rangka Pembianaan Akhlak Di Sekolah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan. Al-Tahrir, 13(1).

Kurniawan, A. (2016). PERAN TASAWUF DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI DUNIA PENDIDIKAN DI TENGAH KRISIS SPIRITUALITAS MASYARAKAT MODERN. YAQZHAN, 2(1).

Muhajarah, K. (2016). KONSEP DOA : STUDI KOMPARASI KONSEP DO ’ A MENURUT M . QURAISH SHIHAB DAN YUNAN NASUTION DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. HIMATUNA, 2(2).

Muhamad Basyrul Muvid, A. F. H. (2020). Tasawuf Humanistik Dan Relevansinya Terhadap Kehidupan Sosial Spiritual Masyarakat Post Modern Abad Global (Telaah Atas Pemikiran Tasawuf Said Aqil Siradj Dan Muh. Amin Syukur). Refleksi, 19(1). Https://Doi.Org/10.15408/Ref.V19i1.14191

Mujib, Abdul Dan Mudzakir, Yusuf. (2011). Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mustofa, A. (2018). TASAWUF EDUCATION AS THE EFFORT OF SPIRITUAL AND CHARACTER BUILDING CAPABILITY. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 72–104.

Nafi’ah, Z. (2014). HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER AKADEMIK DAN NON AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(2), 799–813.

Nurcholis, A. (2011). Tasawuf Antara Kesalehan Individu Dan Dimensi Sosial. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 1(2), 175. Https://Doi.Org/10.15642/Teosofi.2011.1.2.175-195

Ulya, F. 2011. Implikasi Shalat Dalam Membentuk Kepribadian Perempuan. Musãwa, 10(1).

Wasisto, J. R. (2015). Kesalehan Sosial Sebagai Ritual Kelas Menengah Muslim. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 13(2). Https://Doi.Org/10.24090/Ibda.V13i2.667

Yusran. (2015). Amal Saleh: Doktrin Teologi Dan Sikap Sosial. Jurnal Al-Adyan, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.