Merancang Diskusi Online Untuk Pengelolaan Kelas di Masa Pandemi Covid – 19

I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Abstrak: Sebuah gaya manajemen kelas yang efektif dan fleksibel akan membuat kemudahan dalam konteks belajar dan mengajar. Guru sebagai pemimpin pendidikan memiliki tugas utama mengajar dan tugas tambahan. Sebagai pendidik tugasnya adalah merencanakan, melaksanakan dan menilai. Pengajaran diskusi adalah "strategi belajar / mengajar yang menekankan pada partisipasi, dialog, dan komunikasi multi-arah. Metode diskusi melibatkan guru dan kelompok peserta didik untuk membicarakan topik, isu, studi kasus, atau masalah dan pertukaran informasi. Manajemen kelas sangat dibutuhkan oleh pendidik sebagai pemimpin atas kelasnya disaat menghadapi situasi seperti saat pandemi covid 19 ini. Untuk menjadi sukses, pendidik harus membangun hubungan dengan banyak orang, termasuk peserta didik. Mereka perlu menjadi mediator dan mentor, serta negosiator. Salah satu dari metode mengajar yang dapat dilakukan guru disaat pandemi covid 19 ini adalah dengan merancang diskusi online. Manfaat dari diskusi kelas dapat diwujudkan dengan batasan-batasan yang diperbaiki melalui penggunaan diskusi online yang dirancang dan dikelola secara teliti. Diskusi online di sini berarti suatu diskusi untuk tujuan pengajaran dan pembelajaran yang merupakan komunikasi yang termediasi oleh komputer.

 

Kata Kunci: Diskusi Online, Pengelolaan Kelas, Pandemi Covid 19


Full Text:

PDF

References


Brookfield, S. D. and Preskill, S. (1999). Discussion as a Way of Teaching:Tools and Techniques for Democratic Classrooms. San Francisco, CA:Jossey-Bass Publishers.

Brown, A. and Thompson, H. (1997). Course design for the WWW: Keeping online students onside. Paper presented at the ACILITE 1997 Conference. December 7-10. Available on the World Wide Web at: http://www.curtin.edu.au/conference/ASCILITE97/papers/Brown/ Brown.html.

Collins, M. and Berge, Z. L. (1996). Facilitating interaction in computer-mediated online courses. Background paper for presentation at FSU/AECT Distance Education Conference. Tallahassee, FL. June.

Chen, P.-Z., Chang, T.-C., & Wu, C.-L. (2020). Effects of gamified classroom management on the divergent thinking and creative tendency of elementary students. Thinking Skills and Creativity, 36, 100664. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100664

Froyen, L. A. (1998). Classroom Management.Empowering Educator-Leaders. Merrill.

Loock, C. F., Campher, T., Du Preez, P., Grobler, B., & Shaba, S. M. (2003). Education Leadership, Module 3. Heinemann.

Manning, M. L., & Bucher, K. T. (2003). Classroom Management. Models, Applications, and Cases. Merrill Prentice Hall.

Palmatier, R. W., Houston, M. B., & Hulland, J. (2018). Review articles: purpose, process, and structure. Journal of the Academy of Marketing Science46(1), 1–5. https://doi.org/10.1007/s11747-017-0563-4

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Schreiber, D. A. (1998). Instructional design of distance training. In Schreiber, D. A. and Berge, Z. L. (Eds.), Distance Training, 37-70. Jossey-Bass: San Francisco, CA.

Sunu, Arya. (2015). Manajemen Kelas Aplikasinya Dalam Proses Pembelajaran di Pendidikan Formal, ISBN : 978-602-73658-8-9. Yogyakarta: Media Akademi

Talebi, S., Davodi, S., & Khoshroo, A. (2015). Investigating the Effective Component of Classroom Management in Predicting Academic Achievement among English Language Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 205, 591–596. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.09.085


Refbacks

  • There are currently no refbacks.