Urgensi Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Hidayati Puja Utami, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak. Pendidikan merupakan upaya sadar dan terorganisir untuk membuat iklim belajar dan interaksi belajar bagi siswa untuk secara efektif membangun kemampuan mereka untuk memiliki kekuatan agama, pengekangan, karakter, wawasan, karakter terhormat, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk diri mereka sendiri, masyarakat. , negara dan negara bagian. Pencapaian tujuan pembelajaran di Indonesia sangat mungkin merupakan komponen utama dan keterampilan instruktur yang dipoles dalam melakukan latihan sangat mempengaruhi pembelajaran. Mengajar adalah pekerjaan ahli, dengan demikian LPTK melaksanakan rencana pendidikan berbasis kompetensi. Kemampuan instruktur menggabungkan empat hal penting, khususnya yang dekat dengan keterampilan rumah, kemampuan mahir, kebugaran sosial, dan kemampuan pendidikan. Berkenaan dengan ahli instruktif, kemampuan instruktur diperlukan untuk memenuhi rincian dalam pelaksanaan kewajiban instruktif yang memasukkan atribut penting, misalnya, pelatihan dan kualitas. Selain itu, harus ada penghargaan dan pengakuan yang tinggi bagi seorang pendidik untuk menyampaikan pengajaran yang berkualitas.

Kata Kunci: kualitas pendidikan, profesionalisme guru

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru. Jakarta: Bumi Aksara

Mandaru, MZ. 2005. Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari (Potret Buruk Pendidikan di Indonesia). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munib, Achmad. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES

Setia Tunggal, Hadi. 2006. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Th 2003 Beserta Aturan Pelaksanaannya. Jakarta: Harvarindo.

Syeikh Ibrahim bin Ismail. 1993. Syarah Ta’lim Muta’alim Pendekatan Proses Belajar Mengajar. Semarang: Toha Putra.

Suryadi, Ace. 1993. Analisis Suatu Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutomo. 1997. Profesi Kependidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Suyono, 2005. Meningkatkan Mutu guru, Darimana dimulai?. Http://www.kompas.com. Diakses 13 Juni 2007.

--------, 2002. Jarang Ikut latihan Kualitas Guru Rendah. Http://www.indomedia.com. Diakses 14 Juni 2007.

Uzer Usman, Moh. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.