Urgensi Profesi Guru dan Pengawas dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional di Indonesia

Secondra Hudaya, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak. Peta jalan (road map) pendidikan nasional merupakan cetak biru bagaimana perjalanan penyelenggaraan pendidikan Indonesia akan dilakukan. Visi, dan misi pendidikan dengan capaian-capaian (milestone) coba ditetapkan oleh pemerintah. Peran guru dan pengawas sekolah tetap merupakan figur sentral yang menjadi benang merah proses pendidikan di tingkat paling mendasar. Namun wacana-wacana yang muncul dengan menghilangkan peran pengawas sekolah menjadi sebuah isu besar yang membuat resah masyarakat, praktisi, dan akademisi. Lalu bagaimanakah seharusnya peta jalan pendidikan dibangun tanpa menghilangkan peran-peran penting yang selama ini menjadi kunci dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan? Tulisan ini dibuat dengan metode penelitian studi literatur menggunakan kajian-kajian yang relevan dengan topik dan isu yang dibahas. Dengan visi yaitu membangun masyakat Indonesia agar menjadi masyarakat pembelajar seumur hidup yang memiliki keunggulan, terus mengembangkan diri, sejahtera, dan memiliki akhlak yang mulia dengan menumbuhkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal Indonesia dan Pancasila, maka peta jalan pendidikan Indonesia sesungguhnya telah berada di jalur yang tepat.

Kata Kunci: profesi administrasi pendidikan, peta jalan pendidikan nasional

 


Full Text:

PDF

References


Hadijaya, Y. (2020). Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/7nwue

Harma, T. R., & Afriansyah, H. (1991). Pentingnya Administrasi dan Supervisi Pendidikan dan Konsep Dasar. 1–19.

Hawkins, Peter and Shohet, Robin. 2006. Supervision in The Helping Professions. Berkshire: Open University Press McGraw-Hill Education.

Holmes, E. (2000). School Inspection: A Teacher's Guide to Preparing, Surviving & Evaluating Ofsted Inspection. Stationery Office

Kemendikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035 Mei 2020 Draft Rahasia.

Law, S., & Glover, D. (2000). Educational Leadership and Learning: Practice, Policy and Research. Open University Press.

Linna, O. A. (n.d.). Pentingnya Administrasi Supervisi Pendidikan serta memahami Konsep Profesi Pendidik dan Kependidikan

Nabila, Annisa Rizki Khairi. (2019). Pentingnya Mempelajari Administrasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. https://doi.org/osf.io.

Nurhalizah, A. S. (2019). Pentingnya Administrasi dan Supervisi Pendidikan. 1–4. https://doi.org/10.31227/osf.io/wnh9q

Pedersen, Laura. (2007). School Supervisor’s Manual for Internship: School Counseling Program: SCED 516. Portland: Lewis & Clark College

Risnawati. (2014). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. (Yogyakarta). http://repository.uinsuska.ac.id/10370/1/Adm dan Supervisi Pendidikan.pdf

Robbins, Stephen P. (1997). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: PT. Prehallindo.

Rohman, M. (2016). Problematika Guru dan Dosen Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 14(1), 51. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i1.547

Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah untuk Ittihad. Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.27 April 2017, 15(27), 13–22.

Wiley.(2004). Roles of The School Supervisor. http://media.wiley.comproduct_dataexcerpt53047115160471151653.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.