Pemberdayaan Pengawas Sekolah terhadap Efektivitas Kinerja Guru

Mutmainnah Mutmainnah, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui pemberdayaan dari profesi pengawas sekolah terhadap efektivitas dari  kinerja guru. Profesi pengawas sekolah menjadi pemandu dalam membangun efektivitas kinerja guru, dimana pengawas sekolah dapat menjadi asesor, controller, dan pembina dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Tugas dari pengawas sekolah disebutkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  143 Tahun 2014 bahwa salah satunya ialah melakukan pembinaan terhadap guru serta program pelatihan dan pengembangan terhadap guru dalam rangka mencapai standart mutu pembelajaran yang sudah di rumuskan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan studi kajian literatur. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Penelitian melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengkajian teori-teori yang relevan dengan pembahasan pemberdayaan pengawas sekolah terhadap efektivitas kinerja guru. Penelitian ini melakukan kajian kritis terhadap hasil penelitian sebelumnya untuk dilakukan perbandingan dengan kajian sendiri untuk memperoleh hasil penelitian baru yang dikuatkan oleh teori-teori yang dapat diadposi dari buku, dokumen, karya tulis, atau hasil penelitian yang sudah terpublikasikan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan tentang pemberdayaan pengawas sekolah dengan tujuan dalam melakukan pendampingan terhadap efektivitas kinerja dari guru dalam melakukan proses pembelajaran. Dilakukannya pemberdayaan pengawas sekolah dalam rangka untuk terus menerus melakukan perbaikan terhadap kinerja guru untuk memperoleh pencapaian tingkat efektivitas dari kinerja guru secara ideal.

Kata Kunci: pemberdayaan, pengawas sekolah, kinerja guru, efektivitas


Full Text:

PDF

References


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. .

F. Dewi, “Peran Kinerja Guru,” vol. Prosiding, pp. 289–298, 2019.

J. Wang, E. Lin, E. Spalding, and L. Klecka, “Quality Teaching and Teacher Education: A kaleidoscope of Nations.,” J. pf Teach. Eduactions, vol. 62, no. 2, pp. 331–338, 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 143 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknik Pelaksanaan Jabatan Pengawas Sekolah dan Angka Kredit. .

S. Rahmah, “Pengawas Sekolah Penentu Kualitas Pendidikan,” J. Tarb., vol. 25, no. 2, 2018, doi: 10.30829/tar.v25i2.378.

Sedarmayanti and S. JUbaedah, “Hubungan Peran Pengawas dengan Kinerja Guru Sekolah Gugus IV Kertawangi Cisarua Kabupaten Bandung Barat,” J. Wacana Kinerja, vol. 19, no. 2, pp. 109–159, 2016.

V. Lantik, “Kinerja profesional dan self-efficacy guru fisika SMA lulusan S-1 pendidikan fisika di Kupang,” J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 4, no. 1, pp. 20–31, 2016, doi: 10.21831/jpms.v4i1.12440.

H. Muhammad and M. Yaumi, “Pengembangan Kinerja Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas Pada Sma Negeri Di Kota Palopo,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 18, no. 2, pp. 152–170, 2015, doi: 10.24252/lp.2015v18n2a2.

D. Junianto and Wagiran, “Pengaruh Kinerja Mengajar Guru , Keterlibatan Orang Tua , Aktualisasi Diri dan Motivasi Berprestasi,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 3, pp. 307–319, 2013.

A. Madjid, Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi kerja, Yogyakarta. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2016.

Keputusan Menteri Negera Pendayagunaan Aparatur Negara No 91/KEP/M.PAN/10/2002 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kredit. .

H. R. Nasution and R. Ali, “Peran Pengawas dalam Peningkatkan … Peran Pengawas dalam Peningkatkan …,” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 1, pp. 247–262, 2021.

Darussalam, “Urgensi Pengawasan Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN Serbajadi Aceh Timur,” Al-Qiraah, vol. 14, no. 2, pp. 24–48, 2020.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standart Pengawas Sekolah atau Madrasah. .

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. .

A. P. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan SDM, Jakarta. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Kaiman, Y. Arafat, and Mulyadi, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru,” J. Educ. Res., vol. 1, no. 3, pp. 146–153, 2020, doi: 10.37985/joe.v1i2.14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.