PENGAWAS SEKOLAH PENENTU KUALITAS PENDIDIKAN

Diah Kholillurrohman, Imron Arifin

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standart pendidikan secara obyektif dan komprehensif mengenai pengawasan sekolah penentu kualitas dari pendidikan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode didalamnya studi kasus. Bersumber dari jurnal. Buku serta situs lainnya yang berhubungan topik tersebut. Untuk pengumpulan datanya menggunakan metode literatur review dari beberapa buku, jurnal, artikel dan situs internet terpercaya. Hasil penelitian menemukan : pengawasan sekolah yakni dilaksanakan oleh supervisor akademik pendidikan dalam melaksanakan program supervisi sekolah. Program ini yang bertujuan untuk menciptakan input dan output dari pendidikan yang berkualitas dan mumpuni dalam bidang yang ditempuh nya.

Kata Kunci : Sekolah, Pengawas Sekolah, Kualitas Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Iskandar, D. (2017). Peran Pengawas Pendidikan Meningkatkan mutu pendidikan menengah di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9 (2), 179. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12918

Menengah, S. & Negara, P. (2008). Evaluasi pelaksanaan program bisnis sekolah (Boss). Lulusan UnDip, 1-151.

Nazaruddin. (2017). Menerapkan kebijakan wajib belajar 12 tahun. Jurnal Demokrasi & Otonomi Daerah, 15 (1), 1-84.

Rahayu, M. (2015). Menerapkan standar manajemen pendidikan di SD, Kecamatan Ngemplak, Regentschap Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8 (1), 62-77. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929

Rahmah, S. (2018). Penasehat menilai kualitas pendidikan. Iris Tarbiyah, 25 (2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.378

Rifandi, A. (2013). Kualitas pembelajaran dan kompetensi lulusan. Jurnal Pendidikan Horizons, 5 (1), 1-16. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1266


Refbacks

  • There are currently no refbacks.