Pengawasan Pendidikan: Sebuah Peningkatan Mutu Pendidikan
Abstract
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memaparkan konsep dasar dan sasaran pengawasan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (literature review) dengan analisis konten (content analysis). Kajian pustaka menjadi metode penelitian yang menguraikan atau mendeskripsikan tentang literatur yang relevan dengan topik yang dibahas oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pengawasan pendidikan menjadi sarana dalam peningkatan mutu pendidikan. Pengawasan menjadi sebuah tahapan kegiatan yang dilakukan untuk melihat kesesuaian antara apa yang direncanakan dengan apa yang sudah dilaksanakan. Kegiatan pengawasan bukan hanya perihal memandang sesuatu dengan seksama dan melaporkan hasil kegiatan mengawasi, tetapi juga mengandung arti memperbaiki dan meluruskannya sehingga mencapai tujuan yang sesuai dengan apa yang direncanakan.
Kata Kunci: pengawasan pendidikan, mutu pendidikan.Full Text:
PDFReferences
P. Susanto, Produktivitas Sekolah, Teori dan Praktik di Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.
D. Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Rosdakarya, 2011.
& B. J. Wiles, J., Supervision a Guide to Practice, 2nd ed. London: A Bell&Howell Company, 1986.
I. Alarcão, “Teacher education and supervision: A new scope. Conference given at the Faculty of Psychology and Educational Sciences of the University of Lisbon,” Sísifo. Educ. Sci. J., vol. 08:p 10911.
P. Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. 2016.
F. Munirah, “Analisis Isi Deskriptif Rubrik ‘ Xp Re Si ’ Harian Kaltim Post Periode Maret-April 2013,” eJournal Ilmu Komun., vol. 3, no. 1, pp. 186–197, 2015.
J. Ahmad, “Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis),” ResearchGate, no. June, pp. 1–20, 2018, doi: 10.13140/RG.2.2.12201.08804.
H. Jeflin and H. Afriansyah, “Konsep Dasar Supervisi Pendidikan (Pengertian, Rasional, Tujuan, Fungsi), Ruang Lingkup (Akademik Dan Manajerial), Prinsip Supervisi Pendidikan, Peranan Supervisi Pendidikan,” Adm. Pendidik., 2020, doi: 10.31219/osf.io/8f7as.
Winardi, Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Mutakallim, “Pengawasan, Evaluasi dan Umpan Balik Stratejik,” Vol. V, Nomor 2, vol. V, no. Juli-Desember 2016, pp. 351–365, 2016, [Online]. Available: http://nurinaramadhani.blogspot.com/2012/01/pengawasan-pengawasan-%0Ahttp://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/download/3489/3273.
T. L. Gie, Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty, 2000.
D. Meirawan, “Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Sebagai Upaya Pengendalian Mutu Pendidikan Secara Nasional dalam Otonomi Pendidikan,” J. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 126–137, Jul. 2010.
I. Arifin, Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, Univ. Negeri Malang, 2019.
I. Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Cetakan ke. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
N. Purwatiningsih, “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Akademik,” J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 3, pp. 221–228, Nov. 2020, doi: 10.30998/FJIK.V7I3.7722.
R. Nella, “Penerapan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Sekolah,” ResearchGate, May 2019.
L. N. F. Noor and K. Wathoni, Peran Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI Di SMP Swasta Wilayah Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sdidoarjo, MA’ALIM J. Pendidik. Islam, 2020, doi: 10.21154/maalim.v1i01.2185.
P. A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Suber Daya Manusia (Edisi Revisi), 2nd ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
A. Imron, Supervisi pembelajaran tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Bandung: Alfabeta, 2012.
B. Supriadi, “Hakikat Supervisi dalam Pendidikan Islam,” Indones. J. Islam. Educ. Manag., vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.24014/ijiem.v2i1.7120.
C. Glickman, Development Supervision. Alexandria: ASCD, 1981.
A. K. Masaong, Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru: Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru, Ceatakan K. Bandung: ALFABETA CV, 2013.
I. N. Surna and O. D. Pandeirot, Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Jakarta: Erlangga, 2014
Refbacks
- There are currently no refbacks.