Peran Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Arianus Adam Raja Oja, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peran pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Artikel ini ditulis menggunakan metode kajian pustaka (literature review) dan analisis konten (content analysis). Kajian pustaka dilakukan untuk mengungkapkan berbagai teori dan informasi yang relevan dengan topik yang dikaji, yaitu tentang peran pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kajian pustaka dilakukan dengan menelusuri literatur primer secara daring berupa artikel jurnal dan sumber literatur lainnya, yang memiliki kriteria valid dan bereputasi baik tentang topik yang dikaji. Sementara itu, analisis konten dilakukan pada berbagai artikel ilmiah terkait topik yang dikaji. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengawas pendidikan merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Peran pengawas pendidikan sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan tugas yang diembanya, antara lain membina, membimbing, memantau, mensupervisi, mengevaluasi, membuat laporan, serta menindaklanjuti hasil supervisi.

 

Kata Kunci: Pengawas Sekolah, Mutu Pendidikan, Supervisi.

Full Text:

PDF

References


Alarcão, I. (2007). Teacher Education and Supervision: A New Scope. Conference given at the Faculty of Psychology and Educational Sciences of the University of Lisbon. Sísifo: Educational Sciences Journal, 8:p 109118.

Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dharma, S. (2008). Peran dan Fungsi Pengawas Sekolah atau Madrasah. Jurnal Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Nasional.

Iskandar, D. & Wibowo, U. B. (2016). Peran Pengawas Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan SMP di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2).

Kemendikbud RI. (2017). Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.

Mukhtar, M. (2010). Supervision: Improving Performance and Development Quality in Education. Jakarta: PPS UNJ.

Purwanto, N. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahmah, S. (2018). Pengawas Sekolah Penentu Kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2.)

Sahertian, P. A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Suber Daya Manusia (Edisi Revisi) (2nd ed.). Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2006). Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional

Sudjana, N. (2009). Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Surya, P. (2012). Profesionalisasi Pengawas Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Aspirasi, 2(2).

Sudrajat, A. (2008). Pembinaan dan Pengembangan Karier Pengawas Sekolah. Dikutip dari http://Akhmad Sudrajat. Wordpress. com.

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Yahya, M. (2013). Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.