MENGEMBANGKAN SOFT SKILL MAHASISWA PRODI MP/AP/MPI DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Mulyono Mulyono

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan mengkaji tentang konsep mengembangkan soft skill mahasiswa Program studi Manajemen Pendidikan (MP), Administrasi Pendidikan (AP), dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dalam menghadapi dunia kerja di era industri 4.0. Rumusan masalah kajian ini adalah bagaimana upaya para pengelola perguruan tinggi utamanya Prodi MP/AP/MPI untuk memiliki pemahaman dan kesadaran bersama betapa pentingnya mengembangkan soft skill mahasiswa melalui berbagai program akademik yang bersifat kurikuler, ko-korikuler, dan ekstrakurikuler. Hal ini perlu disadari bersama bahwa lulusan Program studi MP/AP/MPI secara akademik akan terjun pada dunia kerja yang terkait dengan jasa pendidikan baik sebagai pendidik, tenaga kependidikan maupun sebagai pengelola lembaga pendidikan. Pekerjaan yang menyangkut dunia pendidikan tak henti-hentinya selalu berhubungan dengan orang yang beraneka ragam dari sisi jenis kelamin, usia, latar belakang keluarga, sifat-karakternya, tingkat kecerdasaran, orientasi dan cita-cita hidupan  bahkan berbeda dalam keyakinan dan agamanya. Untuk menunjang keberhasilan lulusan Prodi MP/AP/MPI yang terjun dalam jasa pendidikan tersebut maka di samping kemampuan hard skill kemampuan soft skill yang kuat juga penting sebagai bekal mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja di era revolusi industri 4.0. Dalam hal ini program akademik perguruan tinggi memiliki tugas utama dalam mempersiapkan dan mengembangkan soft skill mahasiswa.

 

Kata kunci: Mengembangkan, Soft skill, Mahasiswa, Program studi MP/AP/MPI

Full Text:

PDF

References


Ali Ghufron, Implementasi Soft Skills dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi, 30 November 2012, [Tersedia] http://alighufron27.blogspot.co.id/, [Online] Rabu, 19 April 2017: 09.43.

Harmenson Sinurat, Pengertian Melatih dan Cara Meningkatkan Soft Skill, Selasa, 30 April 2013, http://harmensonsinurat.blogspot.co.id/ [Online] Rabu, 19 April 2017: 15.25.

Illah Sailah, Pengembangan Soft Skills di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2008.

Prijosaksono, A. M. Marlan. 2005. The Power of Transformation. Jakarta : Penerbit Elex Media Komputindo.

Tim Penyusun Program studi MPI, Struktur Kurikulum Ulul Albab Berbasis Integrasi, KKNI, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan World Class Uinversity (WCU). Malang: Program studi MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.

Universitas Machung Malang, 7 Skill yang Wajib Dikuasai Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0, 27 September 2020, [Tersedia] https://machung.ac.id/, [Online] Kamis, 8 April 2021:22.36.

Universitas Negeri Yogyakarta, Panduan Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, [Tersedia] fe.uny.ac.id/, [Online] Rabu, 19 April 2017:08.48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.