Kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) sebagai Peluang Kerja Bagi Alumni Program Studi Administrasi & Manajemen Pendidikan

Dwi Kurnianing Ratri, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak. Tujuan ditulisnya artikel ini adalah untuk membahas mengenai profil AP/ MP di Indonesia dan memaparkan kebutuhan dari posisi tenaga administrasi sekolah sebagai peluang kerja lulusan AP/MP. Metode yang digunakan penulis adalah literature review. Dengan hasil yang didapatkan meliputi Profil AP/ MP Indonesia dan kebutuhan TAS. Kesimpulan yang didapatkan yaitu Tenaga Administrasi Pendidikan (TAS) di beberapa sekolah bahkan tidak ada, kebutuhan TAS di Indonesia tiap tahunnya meningkat, namun dalam sisdiknas TAS memiliki syarat pendidikan adalah lulusan SMA sederajat. Hal ini menjadi hambatan bagi lulusan AP/ MP untuk menyalurkan bidang keilmuannya dalam bidang pendidikan khususnya di sekolah.

Kata Kunci: kebutuhan TAS, administrasi pendidikan, manajemen pendidikan

Full Text:

PDF

References


Irianto YB. Membangun Jatidiri Ilmu dan Profesi Administrasi Pendidikan. J Penelit Pendidik. 2011;12(2):11.

Rokhmat J. Profil Alumni Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram. J Ilm Profesi Pendidik. November 2018;3(2):114–23.

Permendiknas No.24. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Jakarta; 2008.

Surya P. Model Hipotetik Jalur Karier Lulusan Program Studi S1 Administrasi/ Manajemen Pendidikan Sebagai Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Berbagai Jenis Lembaga Pendidikan. Dalam: Proceeding Seminar Nasional ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia). Yogyakarta: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta; 2012. hlm. 12.

Embun B. Retrieved from Penelitian Kepustakaan [Internet]. 2017. Tersedia pada: http://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html

Zed M. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia; 2014.

Usman H. Peran Baru Administrasi Pendidikan: Dari Sistem Sentralistik Menuju Sistem Desentralistik. J Ilmu Pendidik. 2016;8(1):1–14.

Purwanto MN. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2005.

Afriansyah H. Administrasi Pendidikan di Indonesia. INA-Rxiv Pap [Internet]. 2019; Tersedia pada: https://osf.io/preprints/inarxiv/2fhyc/

PDDikti. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi [Internet]. 2021 [dikutip 7 April 2021]. Tersedia pada: https://pddikti.kemdikbud.go.id/search/Administrasi%20Pendidikan

Gaol NTL. Sejarah dan Konsep Manajemen Pendidikan. JDP J Din Pendidik. 2020;3(1):79–88.

PDDikti. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Program Studi Manajemen [Internet]. 2021 [dikutip 8 April 2021]. Tersedia pada: https://pddikti.kemdikbud.go.id/search/Manajemen%20Pendidikan

Suryadi, Suryana A. Studi Penelusuran Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2001-2003. J Adm Pendidik. Oktober 2005;3(2):15–27.

Hardina D, Middleton J, Montana S, Simpson RA. An Empowering Approach to Managing Social Service Organizations. New York: Springer Publishing Company; 2007.

Surya P. Peran Penting Tenaga Administrasi Sekolah dalam Penguatan Budaya Sekolah untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Dalam: Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Bangsa. Yogyakarta: Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta; 2012.

Fayol H. General and Industrial Management. London: Sir Isaac Pitman & Sons, Ltd; 1916.

Puardi. Upaya Peningkatan Kompetensi Staf Tata Usaha dalam Mengelola Administrasi Kepegawaian melalui Pendampingan di SMA Negeri Sungai Beremas. J Manaj Pendidik. 2018;03(01):201.

Kristiawan M, Asvio N. Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola J Manaj Pendidik. 29 Juni 2018;5(1):86–95.

Muhyadi. Kualifikasi dan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta. J Kependidikan. 2013;43(1):39–50.

Pramudya B, Bafadal I, Triwiyanto T. Analisis Kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah pada Jenjang SMA dan SMK. J Adm Dan Manaj Pendidik. 28 November 2018;1(4):388–99.

Muspawi M, Robi’ah H. Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan. J Manaj Dan Supervisi Pendidik. 10 Agustus 2020;4(3):232–9.

Sulistiyaningsih E. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Tenaga Administrasi Keuangan Sekolah di SMA Negeri 5 Madiun. UPT Perpust Univ Sebel Maret. 2015.

Bachtiyar Y. Analisis Kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di Sekolah Menengah Pertama. J Manaj Dan Supervisi Pendidik. 10 Juli 2017;196–200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.