URGENSI KINERJA ASESOR BERMUTU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Hasan Argadinata, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak. Urgensi kinerja seorang asesor memang tidaklah mudah diperlukan kompetensi khusus dan akuntabel dalam melakukan asesmen oleh karenanya penulis mengangkat topic ini dengan tujuan untuk mendeskripsikan pentingnya kinerja seorang asesor dalam peningkatan pendidikan. Metode yang digunakan penulis adalah literature review. Dengan hasil yang didapatkan bahwa seorang asesor dalam kinerjanya harus memiliki kompetensi teknis dan kompetensi social sebagai asesor profesionalis dan juga harus memenuhi sembilan komponen untuk menjadi asesor yang kredibel.

Kata Kunci: kinerja, asesor, mutu, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud, “UU SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003,” KEMENDIKBUD, 2013.

Permendiknas, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah,” pp. 1–5, 2006.

P. R. I. Peraturan, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” no. 2, 2005.

Hendarman, “Pemanfaatan Hasil Akreditasi dan Kredibilitas Asesor Sekolah/Madrasah,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 19, no. 4, 2013, doi: 10.24832/jpnk.v19i4.308.

Subijanto and S. Wiratno, “Analisis Kinerja Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 18, no. 3, 2012, doi: 10.24832/jpnk.v18i3.90.

A. Suryana, “Akreditasi, Sertifikasi Dan Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan,” J. Adm. Pendidik. UPI, vol. 3, no. 2, 2005.

M. A. Adha, C. Benyamin, I. Octaviarnis, and D. Thalib, “Peran Akreditasi Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar,” Media Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.30738/mmp.v2i2.5780.

H. Argadinata and F. F. Putri, “Menguatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar.,” 2017.

P. RI, “PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,” Evaluation, vol. 36, no. C, 2005.

M. Khafid and S. U. N. Barokah, “Pengaruh Akreditasi Sekolah Dan Persepsi Guru Mengenai Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” Din. Pendidik., vol. 1, no. 1, 2006, doi: 10.15294/dp.v1i1.466.

H. Argadinata, “Implementasi kepemimpinan transformasional ketua pondok pesantren dalam peningkatan mutu pendidikan pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Malang Raya).” Universitas Negeri Malang, 2020.

I. Gunawan and H. Argadinata, “Dampak Pembelajaran Berkarakter Terhadap Penguatan Karakter Siswa Generasi Milenial.,” 2020.

A. Marzali, “Menulis kajian literatur,” J. Etnogr. Indones., 2016.

M. K. M. Nasution, “Penelaahan literatur,” Tek. Penulisan Karya Ilm., vol. 3, 2017.

I. S. Wekke, “Penelusuran Literatur Dalam Penulisan Artikel,” 2019.

Atikah, N. W. Setyanto, and C. F. M. Tantrika, “Perancangan Penilaian Kinerja Guru Berdasarkan Standar Kualifikasi Akademik Kompetensi Guru Dan Kompetensi the Assessment of Teacher Performance Based on Academic Qualification Standard of Teacher Competence and Gomes Competence As The Gide For Incentive,” pp. 464–475, 2013.

K. B. B. Indonesia, “Jakarta,” Republik Indones., 2011.

S. E. Putro, A. Rinawati, and U. Muh, “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 278–289, 2013.

I. Siswatiningsih, K. Raharjo, and A. Prasetya, “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Komitmen Oganisasional Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Pegawai Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan, Kediri),” J. Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 2, 2016.

S. D. Pratiwi, “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru, dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri,” JPIM: Jurnal Pendidikan Insan Mandiri2, vol. 1, no. 1. pp. 89–100, 2013, doi: 10.20961/iman.v2i1.16434.

A. A. R. Awaludin, “Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.30998/sap.v2i1.1156.

T. Lickona, “Character Matters,” pp. 1–22, 2012.

E. N. C. Sholihin, I. Bafadal, and A. Sunandar, “PENGELOLAAN PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH,” J. Adm. dan Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.17977/um027v1i22018p171.

V. Trysia, “Studi Kasus Persepsi Dan Komitmen Guru Terhadap Akreditasi Sekolah Xyz Di Depok, Jawa Barat,” J. Pendidik., vol. 19, no. 1, 2018, doi: 10.33830/jp.v19i1.146.2018.

J. M. Bernard and R. K. Goodyear, “Supervision models,” Fundam. Clin. Supervision2, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.