Peran Widyaiswara dalam Pelaksanaan Pendidikan di Era Society 5.0

Diyah Rieka Rahmawati, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak: tujuan dari penulisan adalah untuk mendeskripsikan pentingnya peran widyaiswara dalam menyongsong pelaksanaan pendidikan di era society 5.0. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dan dianalisis menggunakan analytic content. Wujud peran widyaiswara dalam pelaksanaan pendidikan yakni menjamin standar nasional pendidikan mampu dicapai oleh sekolah sesuai dengan karateristik yang dimiliki. Widyaiswara dalam pelaksanaan pendidikan di era 5.0 menjalankan peran berdasarkan tugas dan fungsi kewidyaiswaraannya yang didukung dengan kompetensi akan penguasaan teknologi informasi karena integrasi teknologi ke dalam bahan dan media pembelajaran merupakan suatu hal yang mutlak untuk dilaksanakan.

 

Kata Kunci: widyaiswara, pendidikan, society 5.0


Full Text:

PDF

References


Ayufril, U., Hariyati, N., & Pd, M. (2012). Keefektifan Program Pengembangan Kompetensi Fasilitator Melalui Training Of Trainer Dasar Pendidik Paud Di Bp-Paudni Regional Ii Surabaya. 01(1), 7.

Bramantyo, R. (2017). Pemberdayaan Pendidikan dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Diklat Auditor Pada Pusdiklatwas BPKP). Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(2).

Dewi, A. I. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Diklat Dengan Menggunakan Lembar Kerja (Lk) Terstruktur. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(2), 20.

Hamzah. (2017). Kompetensi Widyaiswara dan Kualitas Diklat. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2).

Hidayat, A. I., & Sa’ud, U. S. (2015). Model Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Widyaiswara Muda. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII(2).

Hidayati, R. (2018). Peran Widyaiswara dalam Pengembangan Kompetensi Melalui E-Learning Menuju ASN 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Menuju Corporate University.”

Ilham, A. (2020). Standar Metodologi Pengkonsultansian Widyaiswara dalam Mewujudukan Pelatihan Berkelanjutan. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(4), 5.

Kiptyah, N. M. (2020). Menjadi Widyaiswara Pembelajar (Cetakan Pertama). Nizamia Learning Center.

Nastiti, F. E., & Ni’mal, A. R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 6.

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Widyaiswara. (n.d.).

Sabri, I. (2019). Peran Pendidikan Seni Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 6.

Soegiharto, R. (2014). Membangun Integritas Widyaiswara. 4, 12.

Triati, E. (2018). Optimalisasi Peran Widyaiswara Dalam Pelaksanaan Pendidikan, Pengajaran, Dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, XIV(25), 9.

Trisdiono, H. (2015). Peran Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Daerah.

Wahyudi, D. H., & Madya, W. (2016). Mengembangkan Produktifitas (Mengajar) yang Berkualitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.