Peran Humas Sebagai Aktor Peningkat Mutu di Lembaga Pendidikan

Ahmad Khoirur Rijal Fahmi, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran humas sebagai actor peningkatan mutu di lembaga Pendidikan, penelitian ini  menggunakan metode telaah literatur yaitu mengumpulkan dan menulis kajian terhadap hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah dan atau/paten. Adapun hasil dari penelitihan ini dapat diketahui bahwa Humas berperan sangat penting di sebuah lembaga Pendidikan. Dalam upaya peningkatan mutu humas harus aktif dan kreatif dalam menjalankan strategi-strateginya dan dengan adanya media kehumasan membuat humas lebih mudah dalam menyebarkan informasi dan komunikasi baik ke masyarakat maupun ke antar lembaga Pendidikan lain, Adapun media kehumasan yang biasanya ada di lembaga Pendidikan seperti website, akun media sosial, dan  kotak saran seacara signifikan digunakan untuk meningkatkan mutu Pendidikan.

 

Kata kunci:  Humas, Lembaga Pendidikan, Mutu Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Elfridawati Mai Dhuhani, “Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus di Madrasah Terpadu (MIT) As-Salam Ambon,” J. Altizam, vol. 1, no. 1, pp. 31–54, 2016.

R. Noviantiani and S. Harmonika, “Peran Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Lombok Timur,” J. Manaj. dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 11–16, 2021, doi: 10.51700/manajemen.v1i1.105.

Asrul Anan, “Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan,” al-Murabbi, vol. 1, no. 1, p. 175, 2016.

A. Widianto, “Peran Humas Dalam Pengembangan Pendidikan Pada Era Otonomi,” vol. 3, pp. 159–173, 2018.

R. Satria, A. Supriyanto, A. Timan, and M. A. Adha, “Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Hubungan Masyarakat School Quality Improvement through Public Relationship Management,” vol. 7, no. September, pp. 199–207, 2019.

R. Safii, “Peran hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu lulusan di madrasah aliyah darul istiqomah ngumpul balong ponorogo,” 2019.

H. Afriansyah, “Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” vol. 3, pp. 71–83, 2019, doi: 10.31227/osf.io/6gdxv.

S. Budhirianto, “Revitalisasi Fungsi Humas Pemerintah Dalam Tata Kelola Informasi Di Biro Humas Pemprov Jabar,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 6, no. 2, 2017, doi: 10.31504/komunika.v6i2.1122.

S. M, “Analisis Manajemen Humas dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat terhadap Lembaga Pendidikan,” Kelola J. Islam. Educ. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 117–126, 2017, doi: 10.24256/kelola.v2i2.434.

M. A. Qohar, “STRATEGI MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (Studi Multikasus di MTsN & SMPN 1 Srono Banyuwangi) TESIS,” 2016.

S. Zuhriyo Dwi Yazid Zamakhsyah, “Peran humas dalam upaya meningkatkan minat pendaftaran peserta didik baru,” 2020.

M. Misbah, “Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Al-Muaddib J. Ilmu-Ilmu Sos. Keislam., vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2018, doi: 10.31604/muaddib.v1i1.364.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.