Pemberdayaan Guru IPA MTS Dalam Penggunaan Laboratorium Virtual di Masa Pandemi Covid-19

Hartatiek Hartatiek, Siska Amalia, Yudyanto Yudyanto, Bakhrul Rizky Kurniawan, Ahmad Taufiq

Abstract


Pembelajaran IPA (sains) yang berlangsung saat ini masih di dominasi dengan proses pembelajaran yang cenderung hanya menyampaikan konsep atau produk sains, belum mengarah pada proses dan sikap ilmiah. Keadaan ini disebabkan belum adanya sarana dan prasarana laboratorium yang memadai sehingga proses sains belum dapat dilatihkan secara optimal kepada siswa. Laboratorium virtual sangat diperlukan untuk mengatasi peralatan laboratorium yang sangat terbatas dan untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Kegiatan ini bertujuan membantu guru IPA Madrasah Tsanawiyah dalam menggunakan laboratorium virtual untuk mendukung proses pembelajaran. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah pembimbingan dan pendampingan yang dilaksanakan dalam 2 tahap kegiatan. Tahap 1 praktikum virtual Hukum Ohm dan tahap 2 praktikum virtual rangkaian listrik seri-paralael. Hasil angket menunjukkan secara keseluruhan guru IPA Madrasah Tsanawiyah kota Malang sedikit (10%) yang mengalami kesulitan dalam membuka akses praktikum virtual. Untuk praktikum Hukum Ohm hasil tes dijawab dengan benar oleh 79% responden sedangkan untuk praktikum rangkaian listrik seri-paralel dijawab dengan benar oleh 73% responden dari kriteria keberhasilan 75%. Oleh karena itu masih diperlukan kegiatan pengabdian ini secara berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kata kunci: guru IPA MTs, laboratorium virtual, pandemi covid 19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.