Branding dan Digital Marketing untuk Pengembangan Umkm Minuman Sari Buah Stroberi

Siti Mas'ula, Maura Laviola R, Talita Novellita D. W.

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu factor pendorong perekonomian di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan UMKM sangat berperan baik dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan sebagai program pengentasan kemiskinan. UMKM Arrohmah Desa Pandanrejo Kota Batu memiliki permasalahan pada terbatasnya pemasaran produk UMKMnya yaitu minuman sari buah stroberi. Pemilik dan karyawan UMKM hanya memasarkan produknya di daerah sekitar desa dan paling jauh daerah dalam satu kecamatan saja. Strategi yang dapat dilakukan untuk membantu mengembangkan UMKM tersebut adalah dengan melakukan pendampingan branding dan digital marketing sehingga produk akan lebih dikenal dan dapat meningkatkan kuantitas penjualan. Adapun hasil dari kegiatan pendampingan tersebut adalah 1) UMKM memiliki desain kemasan baru, 2) UMKM dapat melakukan pemasaran lebih luas, dan 3) UMKM memiliki akun media social untuk melakukan pemasaran produk. Kegiatan pendampingan yang telah dilakukan memberikan manfaat praktis yang diperoleh baik pemilik dan karyawan UMKM, yaitu pemilik dan karyawan UMKM memperoleh peningkatan skill dalam melakukan foto produk dan manajemen pemasaran melalui akun media social.

Kata kunci— pengabdian masyarakat, branding, digital marketing, UMKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.