Pelatihan Online Marketing dan Branding Produk Kerajinan Batok Kelapa Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Jambuwer

Siti Mas'ula, Alfina Tiara Rahmawati, Anisaul Azizah, Muh Yusril Faizin

Abstract


Desa Jambuwer di Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang memiliki potensi desa yang beragam, salah satunya berupa batok kelapa yang dapat diolah untuk pengembangan ekonomi masyarakat desa tersebut. Kenyataan yang terjadi adalah masyarakat Desa Jambuwer kurang mengetahui proses branding dan online marketing atau pemasaran online. Hal tersebut harus segera diatasi dan sebagai salah satu solusinya adalah melakukan pelatihan branding dan online marketing kepada warga masyarakat. Kegiatan pelatihan yang dilakukan berupa pelatihan untuk mendesain logo, membuat desain kemasan hingga pelatihan pembuatan akun sosial media instagram serta kami juga melakukan pelatihan kepada masyarakat Desa Jambuwer dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)). Pelatihan online marketing kerajinan batok kelapa ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi desa khususnya dalam pembuatan kerajinan batok kelapa, serta meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengelola sebuah produk untuk dapat dipasarkan secara online dan membantu perekonomian masyarakat di Desa Jambuwer itu sendiri. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan kepada UMKM, pengrajin batok kelapa Desa Jambuwer. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari hasil pelatihan meliputi pengemasan, pembuatan akun sosial media dan pemasaran produk, untuk memaksimalkan potensi desa yang ada sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Jambuwer.

Kata kunciPelatihan, Branding, Batok Kelapa, Desa Jambuwer


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.