Optimalisasi Kualitas Layanan dan Promosi Delikoffie di Kota Medan

Aulia Arief Nasution, Rizki Fillhayati Rambe

Abstract


Coffee shop atau warung kopi, saat ini bukan lagi menjadi tempat minum dan makan saja, namun sudah menjadi tempat untuk bersosialisasi oleh berbagai kalangan. Di Kota Medan, khususnya, keberadaan coffee shop bertambah dengan cepat. Semakin ketatnya persaingan bisnis yang ada, terutama persaingan yang berasal dari usaha sejenis, membuat perusahaan semakin dituntut lebih ekstra dalam menarik pelanggan. Delikoffie merupakan salah satu coffee shop yang berada di Kota Medan. Permasalahan yang dihadapi oleh Delikoffie yang menjadi prioritas untuk diselesaikan yaitu: (1) Mitra belum memiliki SOP dalam hal pelayanan kepada pelanggan, (2) Mitra belum memiliki perencanaan promosi pada media yang ada. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu pelatihan pelayanan prima, dan pelatihan promosi online. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa peserta pelatihan sudah memahami pentingnya perencanaan pelayanan dan promosi, sudah memahami pentingnya pengorganisasian pelayanan dan promosi; dan sudah memahami tentang SOP pelayanan pada pembeli. Dampak dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Delikoffie lebih memahami berbagai cara yang dapat dilakukan untuk dapat bersaing dengan usaha sejenis dan memenangkan hati pelanggan.

Kata kunci : warung kopi, pelayanan prima, pemasaran, promosi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.