Peningkatan Gizi Ibu dan Anak melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) : Literature Review

Anisa Nur Rahma, Bagas Tri Anggoro, Mochamad Azriel Azra Awinata, Novi Rahmatika Ikhtiyari, Purnama Devita Sari, Sherly Dia Lumitasari, Septa Katmawanti

Abstract


Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) adalah keluarga yang berperilaku gizi seimbang yang mampu mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi pada setiap anggota keluarganya. Masih tingginya masalah status gizi pada anak dipengaruhi oleh faktor yang mendasar yaitu kemiskinan sehingga mempengaruhi persediaan makanan, perawatan anak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang memadai. Artikel ini mencoba mengkaji mengenai peningkatan gizi ibu dan anak melalui program pemberdayaan masyarakat dalam keluarga sadar gizi (Kadarzi).  Tujuan dari pemberdayaan masyarakat dalam Kadarzi yaitu agar seluruh keluarga mulai berperilaku sadar gizi, sedangkan tujuan khususnya yaitu agar keluarga dan masyarakat dapat memperoleh informasi dan pelayanan gizi yang berkualitas dengan mudah. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel yaitu literature review dengan menggunakan artikel maupun jurnal. Adapun literatur yang di gunakan penulis di dapatkan dari pangkalan data ilmiah seperti Google Scholar, Google Engine, dan Researchgate dengan rentang publikasi jurnal antara tahun 2017-2021. Berdasarkan hasil literature review yang telah dilakukan diketahui bahwa keluarga dikatakan memiliki perilaku Kadarzi yang baik jika sudah menerapkan lima indikator Kadarzi yaitu, menimbang berat badan secara rutin, memberikan ASI eksklusif, makan beraneka ragam, menggunakan garam beryodium dan mengonsumsi suplementasi zat gizi. Salah satu sasaran yang ingin dicapai pada program perbaikan gizi menuju Indonesia sehat adalah terwujudnya minimal 80% Kadarzi. Pelaksanaan Kadarzi pada masyarakat sangat penting dilakukan khususnya bagi keluarga yang memiliki anak, keluarga Kadarzi akan rutin melakukan penimbangan anak sehingga anak akan selalu terpantau berat badannya dan secara langsung akan membantu meningkatkan status gizi anak di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Wijayanti S, Nindya TS. Hubungan Penerapan Perilaku Kadarzi (Keluarga Sadar Gizi) dengan Status Gizi Balita di Kabupaten Tulungagung. Amerta Nutr. 2017;1(4):379.

Barqin GA, Sitoayu L, Jus’at I, Melani V, Nuzrina R. Analisis Determinan Program Kadarzi Pada Keluarga Balita Di Kecamatan Cihara, Banten. J Nutr Coll. 2020;9(3):187–96.

Has D, ACTION EA-AI, 2020 undefined. Program Peningkatan Gizi Balita melalui Penyuluhan Kadarzi serta Pengembangan Produk Pangan Alternatif Bima-X di Desa Kramatinggil Kabupaten Gresik. E-JournalPresidentAcId [Internet]. 2020;2(2):82–93. Available from: http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/AIA/article/view/1075

Setiyaningrum S, Duvita Wahyani A. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Keluarga Sadar Gizi Dengan Status Gizi Anak Balita. J Ilm Gizi Kesehatan) [Internet]. 2020;1(02):33–40. Available from: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/JIGK/article/view/140

Apriani L, Gizi J, Masyarakat K, Semarang U. Hubungan Karakteristik Ibu, Pelaksanaan Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) Dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Dengan Kejadian Stunting (Studi Kasus Pada Baduta 6 - 23 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucang Sawit Kota Surakarta). J Kesehat Masy. 2018;6(4):198–205.

Hardika, Dian M. Hubungan Pelaksanaan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) dengan Status Gizi Anak 1-4 Tahun. Bidan Prada J Publ Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto. 2017;0(0):178–88.

Zaif RM, Wijaya M, Hilmanto D. Hubungan antara Riwayat Status Gizi Ibu Masa Keha milan dengan Pertumbuhan Anak Balita di Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. J Sist Kesehat. 2017;2(3):156–63.

Wiji RN, Fitri I. Strategi Edukasi Gizi Dan Efektivitas Media Poster Sebagai Implementasi Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi). JOMIS (Journal Midwifery Sci. 2020;4(2):28–38.

Yosali MA, Yuniarti S, Yanti T. Upaya Peningkatan Status Gizi Dengan Penyelenggaraan Pelatihan Keluarga Sadar Gizi. 2021;4(1):35–9.

Oktaviani PP, Djafar M, Fayasari A. Penerapan Perilaku Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) dan Status Gizi Balita Usia 24-59 Bulan di Puskesmas Kranji Bekasi. Nutr J Gizi, Pangan dan Apl. 2020;3(2):115.

Setyawati VAV, Setyowati M. Karakter Gizi Remaja Putri Urban Dan Rural Di Provinsi Jawa Tengah. J Kesehat Masy. 2017;11(1):43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.