PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG SEKSUAL PRANIKAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Dini Rahmasari Syurinda, Hartati Eko Wardani, Rany Ekawati

Abstract


Berdasarkan data dari Komisi Nasional tahun 2012 yang dilaksanakan di 17 kota besar di Indonesia pada kelompok remaja SMP dan SMA menunjukan hasil bahwa dari 4.726 responden, sebesar 93,7% sudah tidak perawan dan 21,26% remaja melakukan aborsi. Berdasarkan data pernikahan dini yang ditemukan di Kabupaten Lombok Barat pada bulan Januari-Juli tahun 2020 terdapat 163 kasus pernikahan dini. Hal ini mengalami peningkatan dari tahun 2017-2020. Sehingga, untuk meningkatkan pengetahuan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lingsar Kabupaten Lombok Barat, maka peneliti memberikan penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi terkait dengan seksual pranikah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang seksual pranikah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Rancangan Penelitian ini adalah true-experimental dengan desain penelitian posttest-only control design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann-Whitney dengan nilai U hitung sebesar 11 dan U tabel 56 yang artinya U hitung < U tabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang seksual pranikah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lingsar Kabupaten Lombok Barat.


Full Text:

PDF

References


IDAI. 2013. Kesehatan Reproduksi Remaja Dalam Aspek Sosial. [Online]. Available: https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kesehatan-reproduksi-remaja-dalam-aspek-sosial

Lutfianawati & Ananingsih. 2014. Hubungan Orang Tua Dengan Sikap Remaja Tentang Seks Bebas. Jurnal Ners dan Kebidanan (Vol. 1, No. 2). Blitar: Stikes Patria Husada Blitar.

Kementrian Kesehatan RI, 2015. Infodatin Pusat Data dan Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta.

Rahmawati & Devy. 2016. Dukungan Sosial Yang Mendorong Perilaku Pencegahan Seks Pranikah Pada Remaja SMA X Di Kota Surabaya. Jurnal Promkes (Vol. 4, No. 2). Surabaya: Universitas Airlangga.

Madinah, S., Rahfiludin, M. Z., & Nugraheni, S. A. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (Studi Pada Remaja Di SMP NU 06 Kedungsuren Kabupaten Kendal). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Vol. 5, No. 1). Diponegoro: Universitas Diponegoro

Samura, M. D., & Sari, C. 2019. Analisis Pengaruh Media Internet Terhadap Perilaku Penyimpangan Seksual Pada Remaja Di SMP Negeri 4 Tebing Tinggi. Jurnal Penelitian Kebidanan Dan Kespro (Vol. 2, No. 1).Sumatera Utara: Institut Kesehatan Deli Husada Delitua

Wulandari, A. 2010. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Sikap Seks Pranikah Pada Remaja Di Kampung Gambiran Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kebidanan (Vol. 4, No. 2). Yogyakarta: Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta.

Sholichah, A. M., Yuliastuti, A. N., & Happy, T. A. 2020. Pengaruh Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Seksual Pranikah Remaja Desa Lebak Pracimantoro. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan (Vol. 3, No. 1). Surabaya: Universitas Merdeka Surabaya.

Pandji, A. P., Ratag, B. T., & Asrifuddin. A. 2019. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Siswa SMP Cokroaminoto Manado. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Vol. 8, No. 7). Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Cahyani, A. N., Yunus, M., & Ariwinanti, D. 2019: Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hubungan Seksual Pranikah. Sport Science and Health (Vol. 1, No. 2). Malang: Universitas Negeri Malang.

Azzahroh, P. & Parinata, D. 2018. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pernikahan Dini Pada Remaja Di Desa Cisauk Kabupaten Tangerang Provinsi Banten Periode Januari-Mei Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan (Vol. 11, No. 2). Jakarta: Universitas Nasional.

Samura, M. D., & Sitorus, M. 2018. Pengaruh Promosi Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Seks Pranikah Pada Remaja. Jurnal Kesmas Dan Gizi (Vol. 1, No. 1). Sumatera Utara: Institut Kesehatan Deli Husada Delitua.

Arimurti, I. & Nurmala, I. 2017. Analisis Pengetahuan Perempuan Terhadap Perilaku Melakukan Pernikahan Usia Dini Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. The Indonesian Journal of Public Health (Vol. 12, No. 2). Surabaya: Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.