OPTIMALISASI TEKNOLOGI MELALUI INVESTASI DIGITAL PADA GENERASI Z DI ERA SOCIETY 5.0

Wardah Wardah

Abstract


Era teknologi telah memberikan dampak yang cukup signifikan dalam perkembangan ekonomi digital, adanya inovasi melalui investasi digital merupakan sarana yang tepat bagi generasi Z untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih jauh sebagaimana optimalisasi teknologi melalui investasi digital pada generasi Z di era society 5.0. adapun metode penelitian yang digunakan ialah qualitative research dengan jenis penelitian studi literatur yang mana pada penelitian ini peneliti mengumpulkan datanya melalui sumber-sumber yang relevan melalui buku, jurnal maupun artikel ilmiah lainnya. Dan dianalisis menggunakan content analysis dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil yang didapat menunjukkan bahwa teknologi sangat memudahkan pada generasi Z saat ini berinvestasi bisa melalui smartphone langsung tanpa harus bertemu langsung dengan pemilik perusahaan tersebut, namun selain memiliki keuntungan perlu diperhatikan bahwa dalam memilih investasi perlu pemahaman terhadap investasi tersebut agar tidak terjadi kasus-kasus penipuan yang terjadi akhirakhir ini. Adapun jenis investasi digital antara lain ada reksadana, investasi emas maupun investasi mata uang virtual.

Full Text:

PDF

References


Affifatusholihah, Lina, dan Solehatin Ika Putri. 2021. “Analisis Faktor yang

Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Investasi Digital.” Media Bina Ilmiah

(3):6583–92.

Arar, Tayfun, dan İhsan Yüksel. 2015. “How to manage Generation Z in Business Life.”

Journal of Global Economics Management and Business Research 4:195–202.

Astuti, Ratna Fitri. 2020. “Pengaruh Pola Konsumsi dan Pengetahuan Ekonomi

terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Kota Samarinda.” Jurnal Edueco

(1):24–32. doi: 10.36277/edueco.v3i1.50.

Bencsik, Andrea, dan Renata Machova. 2016. “Knowledge sharing problems from the

viewpoint of intergeneration management.” ICMLG2016-4th International

Conferenceon Management, Leadership and Governance: ICMLG2016 42.

Damsar, D., dan I. Indrayani. 2018. “Pengantar Sosiologi Pasar.” Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Deguchi, Atsushi, Chiaki Hirai, Hideyuki Matsuoka, Taku Nakano, Kohei Oshima,

Mitsuharu Tai, dan Shigeyuki Tani. 2020. “What Is Society 5.0?” Hlm. 1–23

dalam Society 5.0: A People-centric Super-smart Society. Singapore: Springer.

Ellitan, Lena. 2020. “Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society

0.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship

(1):1. doi: 10.30588/jmp.v10i1.657.

Farida, Yuniar, dan Zhara Shafira Uswatun Khasanah. 2021. “Analisis Performa Mata

Uang Virtual (Cryptocurrency) Menggunakan Preference Ranking Organization

Method For Enrichment Evaluation (Promethee).” Rekayasa 14(1):1–9. doi:

21107/rekayasa.v14i1.8793.

Faruqi, Umar Al. 2019. “Future Service in Industry 5.0:” Jurnal Sistem Cerdas 2(1):67–

doi: 10.37396/jsc.v2i1.21.

Fukuyama, Mayumi. 2018. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.”

Japan Spotlight 4.

Houben, Dr Robby, dan Alexander Snyers. 2018. “Cryptocurrencies and Blockchain.”

Kamal, Muhammad Fuad, dan Rani Apriani. 2022. “Pengaruh Perkembangan Teknologi

Di Era Digital Terhadap Investasi Dan Pasar Modal.” JUSTITIA : Jurnal Ilmu

Hukum Dan Humaniora 9(1):488–96. doi: 10.31604/justitia.v9i1.488-496.

Kan Hiroshi Suzuki. 2018. “Learning and Education Lab in Society 5.0 | Laboratory |

Keio Research Institute at SFC.” Diambil 26 Mei 2022

(https://www.kri.sfc.keio.ac.jp/en/lab/society-5-0/).

Kasim, Siti Rahmi. 2016. “Pandangan Ekonomi Islam Tentang Investasi Murabahah

Logam Mulia (Studi Pada Cabang Pegadaian Syariah Istiqlal Manado).” Jurnal

Ilmiah Al-Syir’ah 12(1). doi: 10.30984/as.v12i1.276.

Kubátová, Jaroslava. 2016. “Work-Related Attitudes of Czech Generation Z:

International Comparison.” Central European Business Review 5:61–70. doi:

18267/j.cebr.167.

Luthfi, Ahmad Hashfi, Afrizal Khakiki, Yanuar Bela Wijayanti, Chindi Fatika Sari, dan

Affriza Novia Putri. 2021. “Investasi Emas Secara Kredit Di Pegadaian Syariah

Dalam Perspektif Hukum Islam.” Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam 13(1).

doi: 10.14421/azzarqa.v13i1.2429.

Masruroh, Aini. 2014. “Konsep Dasar Investasi.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya

Syar-i 1(1). doi: 10.15408/sjsbs.v1i1.1526.

Mumtaha, Hani Atun, dan Halwa Annisa Khoiri. 2019. “Analisis Dampak

Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat

Ekonomi (E-Commerce).” JURNAL PILAR TEKNOLOGI Jurnal Ilmiah Ilmu

Ilmu Teknik 4(2). doi: 10.33319/piltek.v4i2.39.

Putra, Yanuar Surya. 2017. “Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi.” Among

Makarti 9(2). doi: 10.52353/ama.v9i2.142.

Ria Agustina, -. 2020. “Minat Masyarakat pada Investasi Emas di Pengadaian Syariah

Cabang Ahmad Yani Pekanbaru dalam Perspektif Ekonomi Syariah.” skripsi,

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rizal, Samsul. 2021. “Fenomena Penggunaan Platform Digital Reksa Dana Online

dalam Peningkatan Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia.” HUMANIS

(Humanities, Management and Science Proceedings) 1(2).

Setyorini, Noni, dan Ika Indriasari. 2020. “Does Millennials Have an Investment

Interest? Theory of Planned Behaviour Perspective.” Diponegoro International

Journal of Business 3(1):28–35. doi: 10.14710/dijb.3.1.2020.28-35.

Sitepu, Ahmad Muhajir. 2020. “Analisis Hukum Investasi Emas Online (Ditinjau dari

Teori Barang Ribawi).” Al-’Adl 13(2):221–32. doi: 10.31332/aladl.v13i2.1757.

Soeherman, Bonnie. 2019. Fun Research. Elex media komputindo.

Stevanus, Yosua, dan Dedi Rianto Rahadi. 2020. “Persepsi Dan Pengambilan

Keputusan Milenial Terhadap Instrumen Investasi Masa Depan.” Jurnal Riset

Bisnis Dan Investasi 6(3):107–19. doi: 10.35313/jrbi.v6i3.2235.

Széchenyi István University in Győr, Andrea Bencsik, Tímea Juhász, Gabriella

Horváth-Csikós, dan Szent István University in Gödöllő. 2016. “Y and Z

Generations at Workplaces.” Journal of Competitiveness 6(3):90–106. doi:

7441/joc.2016.03.06.

Tumewu, Ferdinand. 2019. “Minat Investor Muda untuk Berinvestasi di Pasar Modal

Melalui Teknologi Fintech.” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis

dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 6(2). doi: 10.35794/jmbi.v6i2.26170.

Wijaya, Dimaz Ankaa. 2016. Mengenal Bitcoin dan Cryptocurrency. Puspantara.

Yadav, Gyan, dan Jyotsna Rai. 2017. “The Generation Z and their Social Media Usage:

A Review and a Research Outline.” Global Journal of Enterprise Information

System 9:110. doi: 10.18311/gjeis/2017/15748


Refbacks

  • There are currently no refbacks.