SIKAP WARGA KAMPUNG WISATA WARNA-WARNI (NANI) TERHADAP PANDEMI COVID-19

Sumi Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menakar sikap warga kampung wisata warna-warni (Nani) terhadap pandemic corona virus  disease (Covid-19) yang sedang menjadi permasalahan secara global. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, jumlah responden dalam penelitian ini empat warga kampung wisata warna-warni, dengan menggunakana analisis data tematik Boyatzis. Hasil penelitian ini terdapat beberapa sikap yang ditunjukkan oleh warga kampung wisata warna-warni dalam menanggapi corona virus disease (Covid-19), sikap ini representasi dari partisipasi warga dalam antisipasi pencegahan. Pada komponen kognitif warga kampung warna-warni mendapatkan informasi terkait wabah covid-19 dari berita di televise dan whatapps media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter serta dari surat kabar secara online maupun offline. Pada komponen afeksi respon warga tergadap wabah ini merasa cemas, takut, khawatir bahkan cuek, terakhir pada komponen perilaku atau konatif, hal ini kecenderungan perilaku warga kampung warna-warni (nani) dalam menghadapi wabah covid-19 ini dengan menutup akses wisata atau pengunjung masuk dalam kampung warna-warni, mematuhi himbauan pemerintah meskipun belum maksimal untuk melakukan penyemprotan disinfektan, memakai masker  dan menyediakan handsanitizer di tempat umum ada beberapa warga yang memiliki handsanitizer secara pribadi.

Kata Kunci: Kampung Warna-warni, Sikap,Covid-19

Full Text:

PDF

References


Asrini NY, Akhmadi A, Harjanto D. Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Masyarakat Tentang Kegiatan Menguras, Menutup dan Mengubur dengan Angka Bebas Jentik. J Ilmu Keperawatan. 2016 Mar;2(2):89–92.

Kompas.com (2020) https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/19/081633265/update-virus-corona-di-dunia-214894-orang-terinfeksi-83313-sembuh-8732#source=clicktitle.

Kompas.com "Update Virus Corona Dunia 4 Juni: 6,5 Juta Orang Terinfeksi | WHO Lanjutkan Uji Coba Hidroksiklorokuin", https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/04/074857065/update-virus-corona-dunia-4-juni-65-juta-orang-terinfeksi-who-lanjutkan-uji

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya Offset.

Malangvoice. (2020). https://malangvoice.com/waspada-corona-wali-kota-malang-resmi-meliburkan-sekolah/

Nisa, K., & Suyeno, A. (2019). Pengembangan kampung wisata jodipan dan kampung wisata tridi oleh pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan status sosial dan ekonomi masyarakat (studi kasus di Kelurahan Jodipan dan Kelurahan Kesatrian Kecamatan Blimbing Kota Malang). Respon Publik, 13(1), 24-33.

Rajaratenam S, Martini R, Lipoeto N (2014). Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap dengan tindakan pencegahan osteoporosis pada wanita usila di Kelurahan Jati. Jurnal Kesehatan Andalas., 3(2).

Rahmayani V, Hanif AM, Sastri S (2014). Hubungan pengetahuan dan sikap dengan tindakan pencegahan penularan HIVAIDS pada waria di Kota Padang tahun 2013. Jurnal Kesehatan Andalas., 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.