ORIENTASI KONFORMITAS ATAU ORIENTASI DIALOG: MEMBANGUN RESILIENSI AKADEMIK MELALUI POLA KOMUNIKASI KELUARGA

Noor Azmi Luthfiyanni, Dewi Kumalasari

Abstract


Tuntutan akademik pada mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 cukup berat. Hal ini dikarenakan mahasiswa diharuskan  memiliki  kompetensi  yang mumpuni untuk dapat bersaing secara  global.  Mahasiswa  harus  menjadi lifelong learner untuk dapat sukses di era Revolusi Industri 4.0. Mahasiswa membutuhkan resiliensi akademik untuk dapat menjadi lifelong learner. Resiliensi akademik merupakan karakteristik yang dapat dibentuk dan dilatih. Pola komunikasi keluarga merupakan faktor  prediktor  yang  signifikan terhadap pembentukan resiliensi akademik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran pola komunikasi keluarga terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 95 orang mahasiswa yang berkuliah di Jakarta dengan menggunakan metode insidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur Academic Resilience Scale (ARS-30) untuk mengukur resiliensi akademik dan alat ukur The Revised Family Communication Pattern (RFCP) untuk mengukur pola komunikasi keluarga. Hasil penelitian menunjukkan dimensi conversation orientation dari pola komunikasi keluarga memiliki peran sebesar 26,4% terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa, sedangkan dimensi conformity orientation memiliki hubungan negatif yang signifikan terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi orang tua, praktisi psikologi, dan institusi perguruan tinggi untuk meningkatkan resiliensi akademik pada mahasiswa.

Kata Kunci: Mahasiswa; Pola Komunikasi Keluarga; Resiliensi Akademik

Full Text:

PDF

References


Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(Nov), 1– 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Fitzpatrick, M. A., & Koerner, A. F. (2005). Family Communication Schemata Effects on Children’s Resiliency. 1–36.

Gleason, W. N. (2018). Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. In Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. https://doi.org/10.1007/978-981- 13-0194-0

Hall, L. (2015). Building resilience for lifelong learning. 38(July).

Jowkar, B., Kohoulat, N., & Zakeri, H. (2011). Family Communication Patterns and Academic Resilience. 00(2010), 87–90.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.210

Koerner, F. A., & Anne, F. M. (2016). Understanding Family Communication Patterns and Family Functioning: The Roles of Conversation Orientation and Conformity Orientation. 8985(May). Https://doi.org/10.1080/23808985.2002.11679 010

Landale, N. S., Hardie, J. H., Oropesa, R. S., & Hillemeier, M. M. (2015). Policy Brief. Journal of Health & Social Behavior, 56(1), 1. https://doi.org/10.1177/0022146515570290

Murdaninsih, D., & Muhammad, H. (2014). Mengukur Beban Kuliah Mahasiswa. Retrieved February 25, 2019, from Republika.co.id website: https://www.republika.co.id/berita/koran/pen didikankoran/14/08/15/nacq6x-mengukur- beban-kuliah-mahasiswa

Noorafshan, L., Jowkar, B., & Hosseini, F. S. (2013). Effect of Family Communication Patterns of Resilience among Iranian Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 900–904. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.670

Permata, D., & Listiyandini, R. (2015). Peranan pola asuh orang tua dalam memprediksi resiliensi mahasiswa tahun pertama yang merantau di Jakarta. Psikologi, 6, 1–8.

Ritchie, L. D., & Fitzpatrick, M. A. (1990). Family Communication Patterns: Measuring Intrapersonal Perceptions of Interpersonal Relationship. Communication Research, 17 No. 4(3), 523–544. https://doi.org/10.1177/016344300022005001

Rousta, Z., Bayat, D. E., & Nia, A. A. (2014). A comparison of family communication patterns and time management between two groups of students with either academic success or failure. 908–914.

Rutter, M. (1999). Resilience concepts and findings: Implications for family therapy. Journal of Family Therapy, 21(2), 119–144. https://doi.org/10.1111/1467-6427.00108

Zarei, E., Fallahchai, S. R., & Sarrigani, N. V. (2013). The study of Relationship Between Family Communication Patterns With Resilience and Quality of life the High School Girls Students. 3(4), 289–293.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.